Dianggap Sepele, Berikut Bahaya Begadang

Saat malam tiba adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Bisa juga diisi dengan aktivitas ngemil sehat, bercengkrama dengan keluarga, menonton televisi, dan lain-lain. Tetapi lebih baiknya digunakan untuk tidur. Apalagi setelah sibuknya pagi hingga sore hari, mulai dari yang sekolah dan bekerja. Badan terasa lelah.

Tetapi saat ini banyak orang yang menyepelekan tidur malam, entah itu bermain game online, menonton film favorit, mengerjakan tugas, dan sekedar bertukar kabar dengan teman. Lalu kapan mereka tidur? sedangkan saat malam hari mereka begadang. Biasanya mereka tidur saat sang surya terbit, yaitu pagi hari. Efeknya saat sekolah atau bekerja akan mengantuk dan tidak fokus.

Begadang semalaman juga dapat membuat mood di pagi hari menjadi buruk. Bukan hanya itu, tetapi juga dapat membuat tergesa-gesa saat menjalankan aktivitas di esok harinya. Biasanya orang yang beraktivitas di pagi hari disebut early bird, sedangkan yang beraktifitas dimalam hari disebut night owl.

Early bird adalah istilah yang ditujukan untuk orang yang aktif di pagi hari, atau bisa disebut morning person. Biasanya mereka lebih tidur awal.

Sedangkan night owl adalah istilah yang ditujukan untuk orang yang aktif dimalam hari, para night owl lah yang sering begadang.

Perlu diketahui bahwa begadang bukan hanya berdampak buruk pada tubuh saja, tetapi juga berdampak buruk pada mental. Apalagi jika begadang berkepanjangan, akibatnya bisa fatal lagi.

Berikut bahaya begadang bagi kesehatan:

1. Peningkatan berat badan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang begadang lebih rentan mengalami   kenaikan berat badan. Apalagi jika begadang sambil makan, rentan semakin banyak bertambah berat badan. Biasanya  wanita lah yang sering ngemil. Jadi, buat para wanita hati-hati ya.

2. Penuaan dini

Akibat sering begadang, kulit wajah anda akan mengalami kusam dan kering, rusaknya kolagen di wajah juga bisa menyebabkan garis-garis atau kerutan di wajah, bintik-bintik hitam di wajah, dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata, atau disebut mata panda.

3. Munculnya penyakit serius

Diabetes

Reaksi tubuh pada saat kekurangan jam tidur dapat menyerupai reaksi resistensi terhadap insulin, yang merupakan gejala awal diabetes.

Stroke

Hasil penelitian mengatakan orang yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam rentan memiliki resiko terkena stroke, dan mengakibatkan meninggal dunia, jika dibandingkan dengan orang yang waktu tidurnya cukup.

Hipertensi

Orang yang kurang tidur dapat mengalami Hipertensi atau juga bisa disebut tekanan darah tinggi, karena selama tidur tekanan darah cenderung menurun, adapun bila waktu tidur kurang, tekanan darahnya akan tetap lebih tinggi.

4. Pola makan buruk

Agar tetap terjaga, orang yang begadang cenderung sering makan. Biasanya makannya mengandung MSG, kadar gula yang tinggi, dan tinggi lemak. Dan yang kita tau kita tidak boleh mengonsumsi MSG secara berlebihan.

5. Kantuk di pagi hari

Saat pagi hari umumnya kita melaksanakan aktivitas seperti bersih-bersih rumah, memasak, sekolah, dan bekerja. Tentu kita melakukannya dengan bersemangat. Namun beda lagi dengan orang yang saat malam hari begadang, mereka melakukan aktivitasnya dengan rasa kantuk. Sangat berbahaya  bagi orang yang sedang mengemudikan kendaraan.

Selain yang ada di atas, masih ada beberapa dampak buruk begadang. Seperti mudah lupa, berturunnya fungsi otak, meningkatnya resiko gangguan mental, menurunnya imun tubuh, gangguan mata, sulit konsentrasi, kulit berjerawat, dan lain-lain.

Berikut cara mengurangi kebiasaan begadang:

1. Buat suasana tidur yang nyaman

Dengan cara, merapikan tempat tidur, memberi pengharum ruangan, dan mematikan lampu.

2. Hindari penggunaan handphone sebelum tidur

Handphone merupakan alasan umum begadang, karena banyak hal-hal unik di sana. Yang membuat kita terpengaruhi untuk terus menggunakannya. Apalagi bahaya sinar biru pada handphone. Usahakan tidak menggunakan handphone minimal 1 jam sebelum tidur.

3. Hindari minum kafein sebelum tidur

Zat kafein merangsang hormon di saraf otak  untuk tidak beristirahat secara maksimal. Biasanya kafein terdapat dalam kopi terdapat dalam kopi dan teh. Tetapi tidak jarang saat begadang selalu ditemani dengan kopi.

4. Jangan tidur siang terlalu lama

Agar tidur lebih awal, cobalah untuk tidur tidak terlalu lama. Tidur siang yang baik adalah tidur siang selama 20-30 menit.

5. Membuat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur dengan cara, maksimal harus tidur di jam sekian. Contohnya, maksimal tidur jam 10 malam. Jadi, kita punya patokan kapan harus tidur.

6. Produktif di siang hari

Melakukan aktivitas di siang hari membuat badan terasa lelah, akibatnya kita akan merasa kantuk di malam hari. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti olahraga dan bersih-bersih rumah.

Nah, banyak sekali bukan dampak buruk begadang jika dilakukan secara rutin? Ayo mulai hidup sehat dengan hal-hal kecil. Contohnya dengan cara tidak keseringan begadang. Sayangi tubuh dan naikkan kualitas tidur kalian.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.