Yuk Kenali Apa Itu Floaters Dan Juga Cara Penanganannya

Apakah Anda pernah merasakan seperti ada bintik keabuan atau bayangan dan ini menghalangi penglihatan? Ini biasa disebut dengan floaters. Yuk kenali apa itu floaters dan juga cara penanganannya.

Floaters memang tidak berbahaya, dan umumnya tidak mengganggu penglihatan. Floaters ini memiliki banyak ukuran, bintik-bintik kecil berwarna hitam, atau berwarna abu-abu, dan juga sampai seperti mirip sebuah jaring laba-laba.

Biasanya para penderita dari floaters ini tidak menyadari di dalam matanya terdapat bintik juga bayangan yang semakin lama itu semakin banyak atau membesar. Umumnya floaters memang tidak berbahaya, tapi beda lagi jika floaters itu sendiri terdapat penambahan juga terdapat seperti kilatan cahaya dan mempengaruhi penglihatan, dalam kondisi seperti ini harus secepatnya mendapat penanganan dari tim medis.

Yuk kenali apa itu floaters dan juga cara penanganannya, sebelum membahas penangannya, kita akan membahas penyebab juga gejala dari floaters :

Gejala yang Dialami

  • Akan ada sebuah bintik-bintik hitam atau seperti benang yang transparan dan melayang-layang dalam bola mata.
  • Disaat mata bergerak, akan muncul juga bayangan yang ikut bergerak.
  • Bintik gelap yang menjauh dan menghilang jika Anda mencoba untuk melihat floaters tersebut.
  • Jika Anda melihat suatu latar terang, seperti dinding yang memiliki warna cat putih atau bisa juga langit yang berwarna biru, bintik yang terlihat pada bidang penglihatan akan semakin nyata.
  • Pada bidang penglihatan akan terdapat benang transparan atau bisa juga sebuah bintik gelap yang melayang-layang setelah itu keluar dari penglihatan.

Penyebab dari Floaters

Ketika vitreous, gel yang ada di bola mata yang secara perlahan mulai menyusut merupakan terjadinya floaters. Dan tahukah Anda, jika 80 persen dari bagian mata seseorang terdiri dari vitreous yang strukturnya seperti gel, dan fungsi dari vitreous itu sendiri adalah agar bola mata tetap terjaga bentuknya.

Selain fungsi tersebut, vitreous juga memiliki peran menyalurkan cahaya pada retina dan agar cahaya tetap ditempatnya, vitreous juga menahannya. Gangguan yang terdapat pada vitreous dapat menyebabkan yang membuat bagian dari mata ini berserabut yang akhirnya menimbulkan sebuah bintik dan bayangan di retina. Dan sebuah bayangan inilah yang disebut dengan floaters.

Dan berikut ini merupakan kondisi yang bisa membuat gangguan pada gel yang disebut vitreous ini:

1. Usia Seseorang

Kekentalan vitreous berkurang sejalannya bertambah usia dari seseorang, dan hal ini bisa menyebabkan beberapa dari bagian dalam bola mata ikut tertarik. Akan ada sebuah gumpalan dan jadi berserabut jika vitreous jadi bertambah padat dan mengerut. Dan efeknya gumpalan tersebut menghalangi cahaya yang masuk melewati mata, hasilnya pada retina akan ada bayangan kecil dan ini disebut sebagai floaters.

2. Uveitis Posterior

Peradangan yang terjadi pada bagian belakang mata atau disebut juga Uveitis posterior. Dalam kondisi seperti ini bisa menyebabkan lepasnya serpihan inflamasi masuk kedalam gel vitreous.

3. Pendarahan yang Terjadi Pada Mata

Diabetes, penyumbatan pada pembuluh darah, hipertensi dan cedera merupakan penyebab vitreous mengalami pendarahan. Cahaya sendiri tidak bisa menembus darah, dan pendarahan ini menghalangi penglihatan karena jalan dari cahaya yang masuk jadi terhalang.

4. Operasi Pada Mata Seseorang.

Vitreous yang mengalami operasi juga penyuntikan sebuah obat-obatan, bisa menghasilkan gelembung yang akan terlihat seperti bayangan.

Nah tadi kita sudah membahas gejala dan penyebab terjadinya vitreous. Sekarang yuk kenali apa itu floaters dan juga cara penanganannya. Kita bisa melakukan penanganan sendiri pada kasus floaters yang datang dan pergi dengan cara memutar atau menggerakkan bola mata ke arah kanan dan kiri, atas dan bawah.

Ini dilakukan agar bayangan akan ikut bergerak mengikuti pergerakan dari cairan yang ada di mata, dan secara perlahan bayangan akan menghilang dengan sendirinya.

Penanganan Penderita Floaters

Jika floaters itu memburuk dan penderita floaters terganggu, segera periksakan ke dokter, dan penanganan yang mungkin akan dilakukan dokter, seperti dibawah:

1. Terapi Menggunakan Laser

Laser yang digunakan untuk terapi adalah laser khusus, sinar dari laser ini akan diarahkan pada vitreous dengan tujuan untuk menghancurkan dan membuat gumpalan menjadi pecahan yang lebih kecil.

2. Menggunakan Prosedur Operasi atau prosedur bedah

Prosedur bedah yang biasa disebut dengan vitrektomi merupakan prosedur untuk pengangkatan vitreous dan digantikan dengan suatu cairan garam yang steril dan berfungsi mempertahankan bentuk dari mata.

Jika Anda mengalami floaters dan itu sudah parah, memburuk dan juga mengganggu Anda, kami sarankan Anda untuk segera periksakan ke dokter. Jika floaters masih dalam keadaan yang biasa saja, Anda bisa melakukan penanganan sendiri, yang sudah kami sebutkan caranya di atas. Yuk kenali apa itu floaters dan juga cara penanganannya, ingat kesehatan juga penting jangan sampai terlambat menangani dan kalau bisa mencegah sebelum terjadi. Sekian informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda atau orang disekitar Anda.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *