Waspada Penyakit HIV Atau Aids Dan Cara Pencegahannya

HIV atau singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang bisa menyerang sistem dalam kekebalan tubuh kita dan bisa terinfeksi dan menimbulkan penyakit. Virus ini bisa menyebar melalui hubungan seksual tertentu. Oleh karena itu, virus ini bisa mengakibatkan gejala tinggi pada tubuh manusia.

Penyakit HIV bisa menular melalui seperti darah, cairan dalam tubuh. Jika terkena virus tersebut segera mengobati agar bisa menurunkan gejala dan perlu diketahui virus tersebut adalah penyakit seumur hidup.

Pada dasarnya penyakit ini berbahaya karena bisa mengancam nyawa manusia penderita penyakit tersebut bisa memicu tekanan mental manusia sehingga bisa mengakibatkan depresi dan bunuh diri. Kita juga bisa mengobati dengan menggunakan obat-obatan yang khusus untuk mencegah agar virus tidak semakin menyebar terlalu cepat.

Penyebab Virus HIV atau Aids

Beberapa faktor penyebab adalah sebagai berikut :

  1.       Cairan vagina dan sperma
  2.       Cairan darah yang terkena tubuh
  3.       Berhubungan seksual atau intim
  4.       Penggunaan dalam jarum suntik

Gejala Umum HIV atau Aids

  1.       Kelelahan saat beraktivitas
  2.       Demam dan sakit kepala
  3.       Muntah
  4.       Penurunan pada berat badan
  5.       Nyeri pada tulang otot dan sendi

Resiko dan Bahaya Penyakit HIV atau Aids

Bahaya yang sangat besar yaitu :

  1.       Depresi dan bunuh diri. Ketika seseorang terkena penyakit virus ini akan terjadi depresi yang sangat berat dan hilangnya semangat hidup dalam menjalani penyakit ini. Masalahnya, banyak korban yang mengalami hal tersebut memakan korban jiwa dan bisa menyebabkan seseorang bisa bunuh diri yang diderita penyakit tersebut.
  2.       Stres dan gila. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan orang kepercayaan diri kita dan dijauhi orang-orang terdekat dan bisa menimbulkan stress yang berat dan terus dibiarkan maka akan menyebabkan gila pada penderita penyakit tersebut.
  3.       Menyebabkan kematian. Penyebab penyakit ini adalah infeksi Tuberkulosis (TBC) dan menjadi penyakit yang ditakut oleh orang-orang. TBC harus ditangani dan harus segera diberi obat untuk mematikan TBC tersebut.

Pencegahan Utama HIV atau Aids

  1.       Tes HIV atau Aids. Tes ini bisa disarankan dan diuji dengan cara mereka sendiri dan bisa melayani akses pencegahan perawatan yang diperlukan. Selain itu, juga merekomendasikan tes untuk pasangan masing-masing sehingga mereka bisa menginformasikan ke penyediaan pelayanan kesehatan.
  2.       Penggunaan obat untuk pencegahan. Jika orang terinfeksi HIV positif resiko penularan pada pasangan yang berhubungan seksual yang tidak terinfeksi dapat dikurangi sebesar 96%.
  3.       Sunat medis oleh laki-laki. Sunat medis ini mengurangi resiko terinfeksi HIV pada laki-laki dan juga dianggap sebagai pendekatan serta menjangka untuk laki-laki yang sedang mencari layanan perawatan kesehatan.
  4.       Hindari berhubungan ketika ada infeksi virus. Penyebab infeksi yang dialami, sangat disarankan untuk menghindari ketika sedang berhubungan seksual saat mengalami infeksi pada kelamin.
  5.       Hindari pada penggunaan tato. Penggunaan tato ini sangat penting untuk memperhatikan pada alat yang digunakan. Jarum tato yang tidak steril dapat menyebabkan resiko infeksi virus HIV.

Beberapa Penyakit HIV atau Aids

 1.     Herpes

Infeksi pada penyakit herpes ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh yang sangat rendah dan dapat menyebabkan gejala yang sangat berat. Infeksi ini dapat terjadi pada bagian kerusakan mata dan sentuhan kulit langsung pada orang yang terinfeksi.

 2.     Infeksi pada paru-paru

Infeksi pada paru-paru akan rentan terkena infeksi paru-paru seperti tuberkulosis yang akan muncul pada gejala yang lebih berat dibandingkan orang dengan tanpa terinfeksi virus HIV.

  1.     Gangguan pada saraf

Penyakit ini tidak akan menyerang saraf secara langsung kerusakan pada saraf akan mengendalikan perasaan tertentu terutama pada bagian perasaan, mati rasa, dan terutama pada kaki.

  1.     Meningitis

Meningitis sendiri dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada selaput otak. Pada infeksi orang HIV karena daya tahan tubuhnya yang menurun sehingga tidak memiliki kekebalan pada tubuh penyebabnya terjadi seperti infeksi pada jamur.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui tentang apa yang bisa menyebabkan tentang penyakit virus HIV atau aids yang mudah menular dan mematikan dan bisa menyebabkan kematian. Dan kita harus memperhatikan gejala dan tanda-tanda yang berbagai macam penyakit yang muncul pada tubuh manusia.  

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *