Wajib Tahu, Inilah Skill dalam Dunia Kerja yang dibutuhkan Saat Ini

Zaman yang kian berkembang, membuat perusahaan turut hadir dalam perkembangan teknologi. Sekarang ini banyak perusahaan yang mencari pekerjaan dengan pasang iklan lowongan kerja gratis pada sebuah situs terpercaya.

Ketika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan ada sebuah situs, tentu Anda harus sudah mempersiapkan skill apa saja yang dapat digunakan sebagai keunggulan Anda ketika melamar pekerjaan tersebut.

Namun, masih banyak yang belum tahu skill apa saja yang diperlukan oleh dunia kerja karena adanya kesenjangan pada pengetahuan yang menjadikannya hambatan. Disisi lain perusahaan juga sulit dalam menyelaraskan perkembangan teknologi ketika menjalankan suatu bisnis.

Dalam usahanya, perusahaan juga menyediakan pelatihan. Sayangnya, pelatihan tersebut masih banyak pekerja yang ambil bagian, tak sampai 50%. Padahal dengan mengambil pelatihan ini, skill yang dimiliki pekerja dapat meningkat.

Kurangnya keterampilan ini terbilang memberikan dampak besar. Terlebih dengan profesi khusus yang berhubungan akan teknologi saat melakukan aktivitas bisnis, ini membuat perusahaan jadi lebih sulit dalam pencarian tenaga kerja.

Wajib tahu, inilah skill dalam dunia kerja yang dibutuhkan saat ini:

1. Mempunyai Pikiran Inovatif Juga Analitis

Dalam memahami sebuah masalah, Anda harus dapat memahaminya dahulu setelahnya dapat menemukan solusi dari permasalahan tersebut, kemampuan inilah yang jadi penopang utama. Bukan untuk saat ini saja, skill satu ini pasti dibutuhkan di masa-masa mendatang juga. Sebab dengan memiliki karyawan dengan kemampuan berpikir analitis inilah yang mampu membuat perusahaan bertumbuh dengan pesat.

2. Kemauan Belajar dan Aktif

Mempunyai kecerdasan lebih bukanlah kunci sukses, tetapi kemauan dalam belajar. Saat ini hingga kedepannya pekerjaan seperti software developer atau digital marketing memiliki gabungan dari beragam keterampilan. Anda diwajibkan dapat memanfaatkan kegiatan dalam belajar, seperti menulis, berdiskusi, membaca. Itu karena dapat membantu Anda mengembangkan skill analisis dan sebagainya.

3. Pemikiran Kritis

Umumnya, berpikir juga meliputi kemampuan seseorang dalam evaluasi diri mereka. Dengan berpikir kritis menjadikan Anda dapat memilih sebuah keputusan tepat dalam suatu permasalahan atau kondisi.

4. Dapat Memecahkan Masalah

Kandidat dalam dunia kerja dengan skill ini dipertimbangkan sekali oleh perusahaan. Kemampuan ini memiliki arti, jika Anda mampu dalam menganalisis masalah kompleks dan juga memiliki jawaban atau solusi dengan keefektifan yang tinggi.

Pasalnya, dunia kerja nantinya akan menyajikan beragam masalah maupun tantangan yang wajib dihadapi dan Anda selesaikan.

5. Kreativitas Tinggi, Juga Inovatif dan Keorisinilan

Saat ini, entah dalam bidang kerja apapun sangat erat kaitannya dengan sebuah inovasi. Dalam perjalanan berkembangnya perusahaan, inovasi ini menjadi kunci. Terutama pengaplikasian pemikiran hebat dengan kreatif tinggi.

Dalam memberikan ide-ide segar dari pemikiran Anda, orisinalitas juga penting. Juga dengan kemauan dalam inisiatif pengambilan peran.

6. Mampu Memimpin

Tak kalah pentingnya dengan kemampuan lain, skill ini menjadi satu diantara banyak skill yang dinilai oleh HRD, terbukti dari tahun-tahun belakangan ini. Tim akan berjalan maksimal jika saja seseorang dari mereka memiliki skill leadership dalam perusahaan dimana mereka bekerja.

Ketika dalam lingkungan profesional, diharuskan memiliki sebuah pengaruh sosial dalam tim dimana Anda bekerja. Hal tersebut memiliki maksud agar gagasan yang dilontarkan Anda dapat diterima.

7. Pandai Dalam Teknologi, Kontroling Juga Pemantauan

Pekerja tak harus melupakan teknologi jika mereka bersaing bersama dengan teknologi. Hal yang harus pekerja punya adalah bekal serta pengetahuan dalam teknologi untuk membantu dalam suatu pemikiran kreatif yang inovatif. Di masa mendatangnya pekerja juga diharapkan mampu mengontrol atau memantau sesuatu dalam dunia kerja.

8. Pemrograman Serta Desain dari Teknologi

Teknologi yang terus berkembang membuat skill dalam IT semakin hari semakin dicari untuk kebutuhan dari industri. Software developer memiliki bagian dalam merancang juga mendesain suatu program, dan bagian dari programmer mengetikkan suatu kode yang dapat merubah rancangan desain jadi instruksi yang nantinya bisa dibaca oleh komputer.

Program ini akan mereka uji berkali-kali, hingga tidak lagi ditemukan masalah. Penyesuaian kebutuhan akan terus berjalan lewat pembaharuan dari evaluasi program yang berjalan terus.

9. Ketahanan, Kefleksibelan dan Mengatur Stres

Pekerja diwajibkan mempunyai ketahanan fisik yang baik, cara pandang dan pemikiran, akibat dari cepatnya gerak dari dari dunia kerja yang disertai tekanan. Pekerja diharapkan di masa mendatang dapat mengelola stres mereka agar pekerjaan bisa selesai sesuai porsinya. Cepatnya perpindahan teknologi kedepannya, fleksibilitas dibutuhkan tiap pekerja supaya mampu belajar.

10. Memiliki Nalar Dalam Berpikir, Melahirkan Solusi Juga Ide

Hal yang kerap dikesampingkan oleh pekerja sebab merupakan hal mendasar adalah mengembangkan nalar dalam berpikir. Kedepannya, tak semua pekerjaan dapat robot lakukan seperti kondisi yang membutuhkan nalar berpikir. Jika Anda memiliki hal ini, Anda tak hanya dapat mencetuskan ide tapi juga mampu menghadapi beragam masalah dengan sudut pandang lain.

Dalam menghadapi dunia kerja yang terkait akan pemanfaatan dari teknologi, diharapkan Anda wajib mempunyai skill yang disebutkan tadi.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post