Viral Video Tarik Kursi, Apa Dampak Buruknya Untuk Tulang

Hal yang paling normal untuk dilakukan bersama teman sebaya adalah bercanda dan melakukan hal yang menyenangkan. Tetapi walaupun bercanda kita harus tetap berhati-hati, jangan sampai bercanda yang dilakukan bisa berdampak bahaya terutama pada kondisi kesehatan.

Seperti yang belakangan ini sempat viral di media sosial, sekumpulan remaja SMA bercanda tarik kursi yang berujung pada cedera. Kisah ini dimulai dari sebuah postingan di salah satu akun Facebook milik orang tua murid SMA. Dalam postingan tersebut, orang tua murid menceritakan bahwa sang anak mengalami cedera tulang ekor akibat terjatuh dari kursi. Belakang ini diketahui, bahwa peristiwa tersebut terjadi karena kejahilan teman-teman korban. 

Meski niat awalnya hanya sekedar bercanda, tindakan menarik kursi saat seseorang ingin duduk nyatanya bisa menjadi hal yang sangat berbahaya. Jadi, mulai sekarang sebaiknya menghindari hal-hal yang dianggap sepele dan menyenangkan, namun nyatanya menimbulkan bahaya.

Terjatuh dari kursi, apa dampak buruknya untuk tulang?

Dalam postingan  tersebut, diberitakan siswa yang menjadi korban tarik kursi mengalami patah tulang ekor belakang dan harus mendapatkan perawatan. Lantas dampak buruk apa yang bisa terjadi saat seseorang jika mengalami kecelakaan dan jatuh dari kursi?

1. Cedera tulang belakang

Bercanda tarik kursi bisa menimbulkan seseorang yang terjatuh dalam keadaan yang tidak siap, dan rawan untuk mengalami cedera. Salah satu cedera yang bisa terjadi karena hal tersebut adalah cedera saraf tulang belakang, atau yang dikenal dengan spinal cord injury. Kondisi ini terjadi karena adanya kerusakan atau luka pada saraf tulang belakang yang bisa menyebabkan dampak yang permanen. Cedera saraf tulang belakang ini bisa mempengaruhi kekuatan, sensasi, dan fungsi dari organ tubuh lainnya.

2. Tulang ekor patah 

Selain cedera, jatuh dalam posisi duduk juga bisa menyebabkan tulang ekor menjadi patah. Tulang ekor merupakan tulang yang berperan penting dalam membantu mengatur posisi duduk tetap dalam keadaan yang nyaman. Saat seseorang jatuh dalam posisi duduk, dan kemudian menyebabkan bunyi, seperti patah tulang, maka bisa jadi tanda awal yang harus diwaspadai.

Meski termasuk tulang terkecil yang ada di dalam tubuh, namun tulang ekor bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Letak tulang ekor berada di ujung bawah tulang belakang, dan ruas tulang ekor biasanya terlindungi dengan baik. 

Cedera pada tulang ekor bisa mengakibatkan masalah yang serius, karena terdapat otot dan saraf yang melekat di tulang ekor seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas. Selain itu, kondisi ekor tulang patah bisa menyebabkan nyeri yang bisa bertahan lama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan, jika mengalami cedera tulang ekor diantaranya:

  • Kepala terasa sakit tidak seperti sakit kepala biasa.
  • Baik dalam posisi duduk atau setelah duduk tulang ekor terasa sakit.
  • Tulang ekor terasa sakit saat berpindah posisi dari duduk ke berdiri.
  • Seluruh bagian tubuh terutama bagian panggul dan pinggang terasa nyeri.
  • Tulang ekor terasa nyeri dan tidak mereda dalam jangka waktu yang lama.
  • Kram hebat ketika menstruasi.
  • Mengalami masalah pencernaan kronis terutama sembelit.
  • Sakit saat melakukan hubungan seks.
  • Susah tidur, dan mengalami depresi. 

Selain terjatuh dengan posisi duduk, cedera tulang ekor juga bisa terjadi karena kondisi berikut,

  • Pukulan langsung di tulang belakang, dan posisi duduk yang salah.
  • Patah tulang ekor atau terluka ketika melahirkan.
  • Infeksi atau tumor pada tulang ekor.
  • Tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan saat mendayung atau bersepeda.

Biasanya beberapa masalah kesehatan bisa muncul tepat setelah mengalami cedera tulang ekor, sementara yang lain muncul pada bulan atau tahun berikutnya. Biasanya tulang ekor yang patah lebih sering terjadi pada  wanita, hal ini dikarenakan bentuk panggul wanita yang membuat tulang ekornya menjadi lebih terbuka. 

3. Gangguan seksualitas

Ternyata benturan yang disebabkan karena terjatuh dari kursi,  juga bisa memicu gangguan seksualitas pada korban. Hal ini dikarenakan, gangguan pada saraf otonom bisa mengakibatkan dampak seperti gangguan buang air besar, gangguan buang air kecil, bahkan disfungsi ereksi pada pria. 

Itulah tadi beberapa dampak buruk yang bisa terjadi ketika terjatuh dari kursi, semoga bermanfaat. Untuk Anda yang ingin mencari berita terkini dan terupdate yang ada di sekitar, Anda bisa mengunjungi Viral Video Tiktok. Website ini berisi berita terlengkap, terbaru dan terupdate di sekitar Anda. 

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.