Tips Melakukan Solo Traveling Untuk Wanita Supaya Aman 

Salah satu masalah utama bagi sebagian besar calon solo traveling yaitu mengenai keselamatan. Apakah dengan pergi seorang diri kamu dapat merasa aman, kemudian bagaimana untuk menyakinkan keluarga bahwa kamu akan baik-baik saja. Tentunya kamu memerlukan metode atau cara untuk tetap aman ketika berniat melakukan solo traveling. 

 

Kebanyakan orang takut untuk melakukan solo traveling pertama mereka, terlebih bagi wanita. Kamu akan merasa sangat grogi ketika menuju tempat yang tentunya belum pernah dikunjungi sama sekali. Ada banyak faktor yang tidak kamu ketahui tentang tempat tersebut, itulah alasan mengapa kamu dapat merasakan gugup ketika melakukan solo traveling. 

Tips Aman Bagi Wanita yang Ingin Melakukan Solo Traveling - Koran-Jakarta.com

 

1. Perbanyak riset 

Patikan kamu telah melakukan banyak kegiatan untuk menggali informasi terhadap suatu tempat yang akan kamu kunjungi. Semakin banyak data yang kamu dapatkan maka akan banyak gambaran kedepanya saat akan  memulai perjalanan. Riset juga dapat membantu mengatasi gugup ketika berada di sepanjang perjalanan ketika melakukan solo traveling. Baca peta dengan seksama sebelum akan menuju lokasi yang dituju, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.  

 

2. Ikuti naluri 

Intuisi kamu merupakan sebuah kerumitan dalam perasaan yang akan memberikanmu jawaban dengan alasan yang sulit untuk dijelaskan. Jika kamu bertemu dengan seseorang yang membuat kamu merasa gemetar maka jauhilah, jika kamu mampu berjalan sendiri tanpa rasa malu, maka berjalanlah seorang diri. Kamu juga dapat merasakan melalui intuisi, makanan mana yang cocok dengan kondisi perut dan mood mu saat itu. 

 

Intuisi adalah sebuah kemampuan yang dapat kamu asah dan pertajam dari satu solo traveling ke solo traveling lainya. Akan ada banyak bisikan- bisikan kecil yang dapat membantumu untuk menuju ke arah yang benar. 

 

3. Beranikan untuk berkata tidak 

Jangan takut untuk menolak ajakan orang lain dan jangan merasa tidak enak karena menolak ajakan tersebut. Solo traveling merupakan tentang dirimu sendiri dalam perjalanan tersebut. Ada banyak orang jahat yang mengetahui bahwa kamu adalah seorang pelancong yang pergi seorang diri, sehingga akan segera mencoba mendekati dengan berbagai macam cara dan ajakan. 

 

4. Siapkan dompet Tiruan dan Peluit 

Dompet tiruan yang satu ini berfungsi untuk mengantisipasi adanya pencopet atau perampok yang akan mengincar mu. Kamu dapat mengisi dompet tersebut dengan kartu palsu atau kartu kredit yang telah kadaluarasa sehingga seolah-oleh terlihat seperti dompet asli. Sisipkan uang dengan nominal yang kecil, tetapi dengan jumlah lembaran yang banyak.  

 

Peluit dapat sangat berguna untuk meminta pertolongan atau mencari perhatian untuk semua orang melihat ke arah mu. Cara ini dinilai lebih efektif dari pada harus berteriak sehingga kamu tidak akan menghabiskan banyak tenaga untuk berteriak. 

 

5. Nasihat dari warga lokal 

Jika kamu menginap di penginapan maka tanyakanlah pada karyawan di penginapan tersebut. Tempat mana saja yang aman dikunjungi atau tempat mana yang sebaiknya tidak boleh dikunjungi. Tanyakan juga apa saja yang sebaiknya  dilakukan atau apa saja yang harus dihindari. Karena tidak ada yang lebih tahu mengenai daerah tersebut kecuali para warga lokal yang telah lama tinggal di daerah tersebut. 

 

6. Berpakaian Dengan Tepat 

Pastikan kamu untuk memilih pakaian yang sopan dan tidak mencolok, pakailah pakaian yang tidak terlalu mencolok saat dipakai untuk berkeliling. Jangan menggunakan perhiasan juga saat melakukan solo traveling. Intinya yaitu bagaimana cara supaya kamu dapat berbaur dengan kondisi sekitar mu.   

 

7. Jangan berjalan sendiri di malam hari 

Pada beberapa tempat, berjalan sendiri di malam hari masih terasa aman. Pada beberapa tempat lain hal tersebut bisa saja sangat membahayakan keselamatanmu. Jika memang akan keluar malam, maka carilah rombongan atau teman dari penginapan mu yang telah terpercaya.   

 

8. Buatlah salinan dokumen penting 

Salinlah dokumen penting misalnya KTP atau paspor, paling aman yaitu dengan difoto dan diunggah ke sosial media. Cara tersebut akan mempermudah ketika kamu kehilangan dokumen, baik asli maupun salinannya.   

 

9. Catat nomor penting di daerah tersebut 

Carilah informasi mengenai nomor-nomor penting yang dapat kamu hubungi ketika kamu berada di sebuah lokasi, atau tanyakan saja pada pengelola penginapan di tempat menginap. Hal tersebut berguna untuk berjaga-jaga dari kondisi terburuk yang tidak diinginkan.  

 

10 Biarkan temanmu mengetahui dimana tempatmu 

Pastikan bahwa seseorang, entah itu keluarga, teman atau sahabatmu mengetahui dimana tempatmu dengan melihat jadwal perjalanan mu. Lakukan rutinitas untuk memberikan kabar sedang dimana dan apa yang sedang kamu lakukan. Hindari mode menghilang pada perjalanan karena akan membuat kamu susah untuk dilacak apabila terjadi sesuatu. 

Demikian artikel mengenai Tips Melakukan Solo Traveling Untuk Wanita Supaya Aman  semoga dapat dijadikan referensi. Kamu dapat mengunjungi travelandword untuk mendapat informasi lainya seputar tempat wisata. 

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.