Tips Kirim Barang Muatan Besar Menggunakan Cargo

Meningkatnya aktivitas belanja online bukan hanya untuk membuka peluang kerja. Jasa kirim barang menggunakan cargo juga ikut merasakan dampak positif dari hal tersebut. Karena konsumen yang menggunakan jasa yang satu ini melakukan pemesanan dalam jumlah yang lumayan besar dengan lokasi produsen dari luar kota bahkan luar pulau. 

Jasa Pengiriman Barang Mobil Truk Besar [1jt Klien]

Mempersiapkan pengiriman pun menjadi hal yang rumit bagi pihak yang terlibat dalam usaha yang satu ini. Apalagi jika jumlah muatannya besar dan harus mengandalkan layanan cargo dalam mengangkutnya. Jika kamu tidak mau membuat konsumen kecewa, maka pastikanlah muatan barang tersebut telah melewati persiapan yang terdiri dari langkah-langkah berikut ini:

1. Kemas barang sesuai jenis

Pengemasan atau packing merupakan tahapan yang sangat penting karena akan menentukan ketahanan barang yang akan dikirim menggunakan cargo. Oleh karena itu Kamu harus mengenali jenis kemasan yang sesuai dengan jenis barang. Baik barang tersebut kuat akan benturan atau sebaliknya mudah rusak jika mengalami benturan.  

Ada banyak kemasan yang dapat kamu gunakan dalam mengemas barang yang akan dikirim ke pelanggan. Kamu dapat menggunakan kertas, kardus, bubble wrap, dan kotak kayu. Dengan membungkus barang sendiri maka kamu dapat menekan tarif pengiriman karena tidak membutuhkan pengemasan dari penyedia jasa cargo barang. 

 

2. Sebelum dikirim Ukur dan timbang barang

Setelah barang telah di bungkus, biasanya dapat langsung dikemas dan mengantarnya ke jasa pengiriman. Tetapi barang  tersebut memiliki muatan yang besar maka kamu perlu mengukur dan menimbangnya terlebih dahulu sebelum dibawa ke tempat jasa cargo. 

Barang tersebut  perlu di ukur dan di timbang agar dapat menyesuaikan pesanan konsumen dan memperkirakan tarif pengiriman barang. Hal tersebut akan dikenakan oleh perusahaan cargo dalam mengantar paket ke alamat tujuan. 

 

3. Tambahkan label di kemasan barang 

Jika barang yang akan dikirimkan masuk ke kategori  barang pecah belah, maka kamu perlu menambahkan label pada kemasan nya. Banyak jasa pengiriman barang yang telah menerapkan aturan untuk barang-barang yang mudah rusak, bocor, dan mudah meledak. Tentunya kamu masih dapat mengirimkanya namun harus disertai dengan label khusus. 

Selain memberikan keterangan untuk cargo, label tersebut juga bertujuan untuk melancarkan proses pengiriman barang ke luar negeri. Nantinya, barang tersebut akan ditempatkan secara terpisah dari barang lain untuk meminimalkan resiko agar tidak mengalami kerusakan. 

 

4. Pastikan ada jaminan atau garansi barang

Jika kamu telah selesai dalam mengemas barang maka perusahaan cargo yang bersangkutan akan menyediakan jaminan atau garansi. Jangan menyia-nyiakan layanan tambahan tersebut, karena kamu akan diberikan perlindungan ekstra terhadap barang yang akan dikirimkan. Beberapa perusahaan telah menyediakan jaminan asuransi yang dapat kamu klaim jika barang tersebut rusak ataupun hilang di perjalanan. Simak semua ketentuan yang tertera supaya kamu bisa mendapatkan ganti rugi yang sama dengan barang tersebut. 

 

5. Gunakan fitur tracking untuk melacak barang 

Kemajuan teknologi tentunya sangat membantu perusahaan-perusahaan cargo untuk menghadirkan fitur tracking, sehingga kamu dapat melacak barang yang telah dikirimkan. Fitur ini sangatlah berguna jika jarak tempuh barang tersebut cukup jauh hingga ke luar pulau atau bahkan luar negeri. Manfaat lain dari fitur tracking yaitu dengan memastikan barang telah sampai ke alamat tujuan sesuai dengan estimasi. Pelacakan tersebut dapat dilakukan oleh pihak penerima dengan menggunakan nomor resi yang telah kamu berikan setelah transaksi selesai. 

 

Selain itu dalam melakukan pengiriman cargo barang biasanya ada dua istilah yang sering diberikan yaitu ekspedisi cargo dan pengiriman lewat cargo. Keduanya sama sama jasa pengiriman barang besar atau kecil yang sampai ke tangan penerima. Tetapi yang membedakan keduanya yaitu kebiasaan masyarakat dalam menggunakan jasanya.

Perbedaan Ekspedisi cargo dan Pengiriman lewat cargo

1. Kapasitas jumlah 

Pengiriman ekspedisi cargo biasanya dikaitkan dengan pengiriman dengan skala kecil dan lebih sedikit. Biasanya masyarakat memanggilnya dengan nama jasa ekspedisi pengiriman barang reguler. Semantara itu pengiriman lewat cargo ditunjukan untuk pelanggan yang menginginkan kirim paket besar murah. Tidak hanya memiliki skala yang besar namun biasanya barang yang dikirimkan lebih banyak dan ukuranya besar. 

Karena pengiriman kargo biasanya dilakukan dengan skala besar, dan biasanya harga penawaran yang diberikan lebih murah dibandingkan dengan ekspedisi cargo. Oleh karena itu banyak yang menggunakan jasa cargo dibandingkan dengan ekspedisi cargo.   

2. Jenis layanan pengiriman cargo 

Jenis layanan ekspedisi cargo biasanya dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu ekspedisi regular, ekspedisi khusus, dan ekspedisi spesialis. Ekspedisi reguler merupakan pengiriman barang yang memerlukan waktu yang lama dalam mengirimkan barangnya. Disisi lain jasa ekspedisi pengiriman barang khusus dan jasa ekspedisi pengiriman barang spesialis meliputi wilayah kota yang cenderung lebih cepat dan akurat. 

 

Demikian artikel mengenai Tips Kirim Barang Muatan Besar Menggunakan Cargo yang dapat dijadikan referensi. Layanan cargo tersebut tidak hanya mencakup pengiriman di dalam negeri bahkan hingga ke luar negeri, kamu dapat mengunjungi Cargo Murah. Cargo Murah merupakan penyedia jasa pengiriman cargo, yang dapat kamu coba ketika akan mengirimkan barang keluar kota. Memiliki tarif yang murah dan memberikan layanan yang maksimal dan tetap menjaga kualitas barang.   

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.