Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi selain Pantai di Belitung

Tempat wisata yang memiliki pulau besar di Kepulauan Bangka Belitung salah satunya adalah Belitung. Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di sekitar Belitung dengan keindahan pemandangan yang mempesona selain pantai masih banyak juga yang dapat Anda kunjungi, karena di Belitung memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan memukau.

Nah kali ini kita akan merekomendasikan tempat wisata yang wajib dikunjungi selain pantai di Belitung. Mari kita simak dibawah ini mengenai Tour Belitung.

1. Arumdalu Resort

Arumdalu merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan selain pantai di Belitung. Tempat ini masih sunyi karena berada di pencil Belitung Selatan, bahkan untuk menuju kesana dikelilingi dengan hutan hijau yang masih alami. Untuk menempuh kesana cukup dengan waktu berkendara dari Bandara Tanjung Pandan sekitar 1,5 jam.

Wisatawan juga sebelum sampai lokasi dapat melihat Batu Baginde dan melewati perkampungan para penduduk lokal serta melewati kebun sawit, karet dan lada. Selain itu para wisatawan juga dapat berkunjung ke wisata Pantai Penyabong, pantai ini terdapat batu granit yang cukup besar. Di arumdalu juga terdapat 10 villa kontemporer.

2. Open Pit

Open pit adalah salah satu destinasi wisata tambang terbuka di Belitung yang pertama di Indonesia dan sebagai sejarah tambang timah primer. Letaknya berada di atas bukit Kik Karak, Belitung Timur.

Selain sebagai sejarah, open pit ini juga adalah endapan dari biji timah primer yang terbesar yang pernah ditemukan dalam satu cebakan dan memiliki keunikan geologi pada Geopark Belitung sebagai UNESCO Global Geopark.

3. Batu Mentas

Bagian dari kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam adalah batu Mentas yang dapat Anda kunjungi. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan karena berada di kawasan pegunungan dan kawasan ini juga masih asri dan terjaga.

Berwisata di tempat ini Anda juga dapat melihat berbagai jenis satwa Tarsius atau Cephalus Bancanus Saltator atau dikenal oleh orang setempat dengan Pelile’an. Selain itu juga merupakan kawasan konservasi rusa di Belitung.

4. Bukit Pangkuan

Sebuah tempat yang cocok dengan tempat agrowisata bersama keluarga yakni Bukit Pangkuan karena tempat ini memiliki hal yang menarik untuk dieksplor. Para wisatawan juga bisa memanen pada setiap buah yang siap untuk dipanen sehingga tempat ini sebagai agrowisata keluarga. Buah yang bisa dipanen oleh pengunjung seperti rambutan, kelengkeng, jambu, sirsak serta melon semua yang ada di Bukit Pangkuan.

5. Pantai Burung Mandi

Selain Anda mengunjungi pantai, Anda juga wajib untuk mengunjungi pulau burung mandi. Tempat wisata yang memiliki daya tarik dan memiliki keindahan yakni di dekat gunung. Disini para pengunjung dapat melihat keindahan dari pemandangan pantai.

6. Museum Timah

Museum timah wajib dikunjungi para wisatawan selain pantai, museum ini resmi dibuka oleh PT Timah Tbk pada tahun 1997. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan masalah seluk beluk pertambangan timah yang ada di Indonesia.

Museum ini juga digunakan sebagai penyimpanan alat pertambangan timah mulai dari yang modern hingga tradisional dan berbagai dokumentasi foto pertimahan. Tempat ini terletak di Kota Pangkalpinang dan di tempat ini juga Anda dapat melihat Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara.

7. Bukit Berahu

Bukit berahu adalah sebagai tempat wisata di Belitung yang memiliki keindahan alam yang memukau dan bisa menikmati waktu dengan santai. Wisata ini memiliki fasilitas seperti villa yang lengkap dengan kolam renang dan restoran. Bukit ini terletak di dataran tinggi sehingga Anda lebih seru saat menikmati keindahan laut dan pantai Belitung dari kejauhan.

8. Gunung Tajam

Salah satu tempat di Belitung yang tertinggi dapat Anda kunjungi adalah gunung tajam. Wisata ke tempat ini para wisatawan dapat trekking menuju puncak gunung, berenang dan mandi di air terjun Gurok Beraye, mengunjungi makam ulama Syekh Abdullah Abu Bakar, berkemah dan menikmati suasana hutan lindung yang masih asri.

9. Gusong Bugis

Gusong bugis adalah tempat liburan yang wajib dikunjungi selain pantai di Belitung. Wisata ini sebuah kawasan eco berada di seberang Sungai Cerucuk. Untuk menuju ke gusong menyebrangi sungai Cerucuk melewati jembatan Pilang dari Pantai Tanjung Pandan berjarak sekitar 10 km kurang.

Para wisatawan di tempat ini bisa menikmati keindahan dari pantai berpasir putih serta paduan dengan hutan mangrove. Selain itu juga dapat melihat pemandangan laut serta pulau dari ujung dermaga.

10. Bukit Peramun

Selain pantai Anda juga wajib untuk mengunjungi wisata yang kaya satwa endemik yakni bukit Peramun. Para wisatawan juga menemui berbagai fasilitas yang menarik dan melihat hamparan pohon yang hijau. Untuk menuju kesana bisa menggunakan jembatan merah untuk menyebranginya. Satwa yang bisa dikunjungi selain pantai yakni Tarsius. Di sini Anda juga dapat melihat hewan yang mungil dan lucu serta memiliki mata besar.

Nah, itulah penjelasan mengenai tempat wisata yang wajib dikunjungi selain pantai di Belitung. Buat waktu liburan Anda lebih memuaskan dan menambah wawasan dengan mengunjungi berbagai wisata yang ada di Belitung.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *