AIDS-INDONESIA-300x199-1
Search
Close this search box.

Pulau Panjang Jepara Tak Kalah Cantik dari Karimun Jawa

Tak bisa dipungkiri bahwa Jepara merupakan salah satu primadona wisata laut utara Jawa. Nama Karimun Jawa sudah menjadi ikon yang tidak bisa dilepaskan dari kota yang dijuluki “Kota Ukir” ini. Tapi jangan salah, Jepara tidak hanya sebatas Karimun Jawa saja.

Banyak pesona lain dari Jepara, khususnya wisata pantainya. Pulau Panjang menjadi satu dari sekian banyak keindahan di pesisir utara Jepara. Pulau Panjang adalah salah satu dari belasan pulau-pulau kecil yang ada di Jepara. Pulau ini masih sangat alami dan tawarkan pesona yang tidak kalah dengan Karimun Jawa.

 

Tentang Pulau Panjang

Auto Draft

Pulau Panjang adalah sebuah pulau kecil yang secara administratif berada di kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pulau ini merupakan pulau alami yang luas keseluruhan adalah 19 hektar.

Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata selain Karimun Jawa. Untuk ke Karimun Jawa membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan perjalanan laut yang cukup panjang. Itu sangat berbeda dengan Pulau Panjang.

Untuk mencapai Pulau Panjang hanya dibutuhkan perjalanan sekitar 15 menit menggunakan perahu dari pelabuhan Pantai Kartini. Jika berkunjung ke Pulau Panjang cukup membayar Rp25.000 untuk naik perahu dan itu sudah biaya pulang pergi.

Pulau Panjang memiliki daya tarik pulau yang masih sangat bersih dan alami. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada penjaja kuliner atau cinderamata saja. Karakteristik Pulau Panjang adalah pasir putih dengan barisan pohon kelapa di tepiannya. Ombaknya juga sangat tenang khas pantai utara Jawa.

Aktivitas di Pulau Panjang

Ombak yang tenang membuat Pulau Panjang menjadi surganya aktivitas air. Ketika bertamasya kesini kalian bisa berenang di air laut yang sangat bersih.

Pulau Panjang juga terkenal dengan alam bawah lautnya yang menawan. Untuk bisa melihat langsung alam bawah laut Pulau Panjang, kalian bisa melakukan aktivitas snorkeling. Beragam jenis terumbu karang dan ikan-ikan kecil akan bisa terlihat jelas di bawah air laut yang sangat jernih. Kali ini pasti kalian ingin TelusuriNusantara ke Pulau Panjang secepatnya.

Pulau Panjang yang masih sangat alami juga menjadi spot terbaik untuk berkemah. Dengan berkemah bisa merasakan sensasi malam hari yang menenangkan di Pulau Panjang dan sunrise yang indah di pagi harinya.

Harga Tiket dan Fasilitas Pulau Panjang

Tidak seperti Karimun Jawa, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk ke Pulau Panjang. Tiket masuk Pulau Panjang hanya Rp8.000 saja. Meskipun alami, tapi sudah ada beberapa fasilitas penunjang di Pulau Panjang yang meliputi toilet dan kamar mandi, mushola dan beberapa warung kuliner.

Pulau Panjang buka 24 jam, tapi layanan penyeberangan hanya tersedia pagi sampai sore hari saja. Untuk tips berkunjung ke Pulau Panjang pastikan pada saat cuaca cerah. Sebab ketika cuaca buruk arus ombak akan besar dan tidak memungkinkan untuk melakukan penyeberangan.