Penyebab Herpes di Wajah dan Cara Mengatasinya

Ada salah satu penyakit yang dapat menular jika melakukan kontak melalui kulit yaitu herpes. Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang paling sering dikeluhkan di masyarakat. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kulit pada tubuh manusia. Herpes dapat menjangkit siapa saja dan tidak memandang usia atau jenis kelamin. Infeksi herpes disebabkan karena adanya virus herpes simpleks atau HVS yang muncul di wajah seperti kulit kering atau luka yang terbuka berisi cairan. Biasanya penyakit ini terjadi di sekitar mulut atau alat kelamin, tetapi kemungkinan dapat terjadi di sekitar tubuh lainnya.

Penyebab herpes atau HVS memiliki dua jenis pada kulit yang berbeda yaitu HSV 1 dan HSV 2. Virus HSV 1 adalah virus yang menyebabkan herpes oral atau mulut (bibir). Sedangkan virus HSV 2 adalah penyebab utamanya penyakit herpes genital.

 

Apa itu Herpes di Wajah?

Herpes di wajah munculnya ditandai dengan lenting yang berair berwarna merah dan membengkak dan menimbulkan rasa panas atau nyeri di daerah wajah.

 

Penyebab Herpes di Wajah

Seperti yang sudah disebutkan bahwa penyebab virus herpes ada beragam, maka berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab herpes di wajah.

1. Herpes Simplex Virus tipe 1 atau HSV 1

Penyebab yang pertama herpes adalah herpes simpleks tipe 1 atau HSV 1. Virus HSV 1 adalah salah satu penyebab umum terjadinya virus herpes. Virus ini menyerang sel-sel epidermis yaitu lapisan kulit terluar dan menimbulkan lepuhan yang berisi cairan.

Penyebaran virus ini menyebabkan demam dan flu biasa, paparan sinar UV atau matahari, kelelahan atau menurunnya kekebalan tubuh.

2. Kontak dari orang lain

Selain virus HSV penyebab yang kedua adalah kontak dari orang lain yang terkena virus herpes. Virus ini akan menyebar jika orang tersebut melakukan kontak langsung dari orang ke orang pada jarak yang dekat.

3. Kontak kulit

Kontak kulit dengan orang yang terkena herpes juga dapat menyebabkan herpes di wajah seperti mencubit pipi, menyentuh kulit bahkan memberikan ciuman secara langsung juga dapat menimbulkan virus herpes. Jika virus herpes masih baru atau terbuka, maka anda harus berhati-hati.

4. Menggunakan Peralatan

Yang selanjutnya adalah anda perlu waspada saat akan berbagi peralatan makanan kepada orang yang terkena herpes. Selain peralatan makan potensi menular juga bisa melalui alat mandi dan juga jenis peralatan yang lain karena adanya kontak secara tidak langsung.

5. Kontak dengan Cairan Tubuh

Selain itu penyebab herpes di wajah yang selanjutnya adalah kontak dengan cairan tubuh. Hal ini akan terjadi jika anda kontak cairan tubuh seperti air liur yang menderita herpes. Hal ini juga menyebabkan penyebaran HSV tipe 1. Jika pasangan anda mengalami herpes, maka pertimbangkan untuk mengurangi hubungan dengan pasangannya.

 

Cara Mengatasi Herpes di Wajah

Setelah mengetahui penyebab dari herpes di wajah, langkah yang selanjutnya adalah anda perlu mengetahui cara melakukan pengobatan herpes. Selain dengan melakukan tindakan pencegahan anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk mengobati herpes. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Es Batu

Cara mengatasi herpes di wajah yang pertama dengan menggunakan es batu. Es batu dapat meredakan sakit penyebab dari herpes.

Caranya anda dapat mengompreskan lukanya menggunakan kain yang sudah direndam dengan air dingin atau es. Tempelkan ke wajah Anda dengan kain yang sudah dingin. Hal ini dapat mengurangi penyebaran virus herpes ke tempat yang lain.

2. Lidah Buaya

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya, karena lidah buaya sendiri memiliki manfaat dalam mengobati virus herpes.

Caranya dengan menempelkan gel lidah buaya yang sudah dipisahkan dari kulit daun pada wajah yang terinfeksi herpes. Cara yang ini dapat mengurangi adanya rasa sakit dan juga rasa panas.

3. Minyak Zaitun

Cara mengatasi virus herpes juga dapat dilakukan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki sifat anti virus dan anti kimia sehingga dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit pada wajah yang terkena herpes. Dengan kandungan yang baik minyak zaitun dapat menyembuhkan herpes. Caranya dengan mengoles-oleskan minyak zaitun pada wajah yang terinfeksi herpes.

Itulah beberapa penjelasan tentang penyebab herpes di wajah dan cara mengatasinya. Dengan cara di atas anda bisa mengantisipasi dengan orang yang menderita herpes dan mengatasi herpes di wajah dengan beberapa cara menggunakan es batu, lidah buaya dan minyak zaitun.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *