Pentingnya Menjaga Absensi Kerja dalam Etika Kerja

Dalam dunia kerja, menjaga sebuah absensi merupakan hal yang sangat penting dalam etika kerja. Absensi sendiri merupakan daftar ketidakhadiran dalam suatu kegiatan.

Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk terus hadir tepat waktu agar dapat membangun etos kerja yang baik kedepannya. Dengan kebiasan kecil tersebut tentu akan membangun hal yang baik dan berguna bagi masa depan.

Jika dahulu jam masuk sekolah hanya dibatasi oleh gerbang, tentu berbeda dengan dunia kerja. Dunia kerja sekarang ini kebanyakan menggunakan aplikasi absensi online yang mana dapat pencatatan daftar kehadiran Anda secara tepat dan detail. Dengan artian lain bahwasannya dunia kerja sudah berbeda dengan dunia sekolah.

Dahulu ketika terlambat dalam sekolah, mungkin hanya akan dikenakan sanksi kecil yang tentu menjadikan sebuah pelajaran. Namun ketika dalam dunia kerja tentu akan mempengaruhi dalam berbagai aspek, salah satunya yaitu dengan pembayaran upah. Hal ini tentu harus diperhatikan karena banyak perusahaan yang memberikan upah berdasarkan ketepatan waktu dan kehadiran kerja.

Mengapa Harus Ada Absensi Karyawan dalam Dunia Kerja?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika absensi karyawan ini dapat menentukan dalam memberikan upah karyawannya. Selain itu absensi dalam dunia kerja juga berfungsi untuk poin penilaian dari kinerja setiap individu karyawannya, namun setiap perusahaan tentu memiliki standar penilaian kehadiran yang berbeda beda.

Seperti contohnya ketika seorang yang memiliki keterbatasan dan harus bekerja secara WFH, alu bagaimana cara melakukan absensinya? Karena absensi merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi dalam berbagai aspek pekerjaan, Human Resource (HR) semestinya kaan membuat suatu solusi yang efektif dalam pengelolaan absensi tersebut. Nah, salah satu solusi dari permasalahan diatas adalah dengan menggunakan aplikasi absensi online.

Aplikasi absensi online ini berguna dalam merekap kehadiran karyawannya tanpa ada batasan waktu dan tempat. Sehingga pegawai yang harus WFH pun tetap dapat menjaga absensinya. Lalu bagaimana jika mendapat kecurangan?

Dengan adanya berbagai permasalahan dan pertanyaan yang muncul ini, aplikasi absensi online yang kini telah digunakan oleh banyak perusahaan pun memberikan inovasi untuk menghindari adanya kecurangan. Inovasi yang dihadirkan pun seperti face identify, time tracker, dan sistem gps.

Walaupun bekerja secara WFH, namun karyawan tersebut tetap dapat menjaga absensi kerjanya dengan aplikasi absensi online ini. Lalu apa saja fungsi dari hadirnya aplikasi absensi online ini?

1. Memudahkan Rekapitulasi

Dengan adanya aplikasi absensi online ini tentu akan memudahkan HR dalam melakukan rekapitulasi pelaporan data absensi secara realtime, cepat, dan mudah. Dengan begitu karyawan akan memungkinkan mendapatkan upah gaji dengan tepat waktu tanpa harus menunggu turunnya jadwal rekapitulasi absensi yang biasa dilakukan secara manual.

2. Memudahkan dalam Monitoring

Dalam aplikasi absensi karyawan, Tim HR akan dimudahkan dalam melakukan pemantauan aktivitas absensi karyawannya tanpa harus melihat data . Tim HR juga dapat langsung melihat siapa siapa saja yang tidak hadir atau yang terlambat hadir dengan waktu jam kerja yang lebih akurat.

3. Terbukti Lebih Efisien

Dengan sistem aplikasi absensi online, perusahaan tidak memerlukan perangkat tambahan seperti fingerprint. Karena kini setiap orang tentu sudah memiliki perangkat mobilenya masing masing.

4. Lebih Hemat dan Praktis

Aplikasi absensi online ini dapat didapat dengan harga yang terjangkau yang disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan.

5. Fleksibilitas

Aplikasi absensi online memiliki fleksibilitas dengan dapat menambahkan berbagai macam fitur tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya.

Kenapa Kehadiran dalam Absensi Kerja itu Penting?

Kehadiran dalam absensi kerja tentu sangat penting karena merupakan bagian dari tanggung jawab dari suatu pekerjaan. Selain itu dengan memberikan absensi kehadiran yang tepat waktu, maka dapat memberikan hal positif yang mempengaruhi dalam produktivitas dan semangat kerja Anda. berikut adalah alasan mengapa kehadiran dalam absensi kerja merupakan hal yang penting!

1. Berpengaruh dalam Perhitungan Payroll

Tahukah Anda? Dalam menghitung gaji karyawan tentu membutuhkan data absensi kehadiran karyawan. Hal ini dilakukan karena kehadiran karyawan tersebut dapat memengaruhi besaran gaji yang akan diterima oleh karyawan.

Jika terdapat keterlambatan daftar absensi atau ketidakhadiran, maka memungkinkan untuk dikenakan denda yang dipotong dari upah gaji, sehingga gaji yang Anda terima tidak sepenuhnya utuh.

2. Menjaga Kedisiplinan Karyawan

Kehadiran dalam Absensi kerja menjadikan sebuah ajang penjagaan kedisiplinan setiap karyawan untuk terus memberikan etos kerja terbaiknya. Dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi ini dapat memungkinkan atasan untuk ditingkatkan jabatannya.

3. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Pencatatan absensi kehadiran karyawan memberikan peluang bagi manajemen untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Jika ada karyawan yang tidak hadir, informasinya langsung disimpan, sehingga manajemen tidak perlu khawatir dengan pembagian kerja. Tugas dapat dengan cepat ditransfer ke karyawan lain yang hadir. Hal ini memungkinkan Anda untuk improve lebih maju dan menunjukan kelebihan dalam mengatasi permasalahan yang ada di perusahaan.

Itulah dia penjelasan mengenai pentingnya menjaga absensi kerja dalam etika dunia kerja. Pastikan Anda untuk terus menjaganya agar terhindar dari beberapa kemungkinan buruk ketika Anda melepas tanggung jawab tersebut.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post