Pengertian dan Penyebab dari Sindrom Raynaud

Rasa dingin secara tiba tiba pada bagian tangan atau kaki bisa menjadi tanda sindrom raynaud. Kondisi ini tidak berbahaya, akan tetapi jangan sepelekan dengan begitu saja. Gejala ini dapat muncul sehingga tidak nyaman dan aktivitas sehari hari terganggu.

 

Pengertian Sindrom Raynaud

Sindrom raynaud merupakan salah satu gejala yang timbul pada area tubuh yakni jari kaki maupun tangan terasa mati rasa atau kebas. Sindrom ini juga dapat menyebabkan pengidap akan mengalami rasa kedinginan yang cukup mengganggu.

Penyebab pada gangguan ini masih belum diketahui secara pasti, namun salah satu pemicu masalahnya pada pembuluh darah arteri. Secara umum sindrom ini muncul karena aliran darah yang ke bagian tubuh berkurang dan mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah arteri.

Jadi, sindrom raynaud ini adalah kondisi yang sering terjadi akan tetapi tidak mengakibatkan komplikasi buruk. Orang yang mengalami kondisi tersebut biasanya orang yang sedang stres, merasa cemas atau berada di ruangan dingin.

 

Penyebab Sindrom Raynaud

Penyebab dari raynaud ini karena penyempitan pada pembuluh arteri sehingga sirkulasi darah dari jari tangan dan kaki berkurang. Kondisi ini karena ada beberapa faktor risiko yang dibedakan berdasarkan tipe diantaranya:

  • Primer

Penyebab dari penyempitan pembuluh darah arteri belum diketahui lebih jelas karena kondisi ini tidak ada penyakit yang mendasarinya. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko ini:

  • Berdasarkan umur usia 15-30 tahun
  • Berjenis kelamin wanita
  • Mengalami stres
  • Tempat tinggal berada di daerah suhu dingin
  • Mempunyai anggota keluarga yang menderita sindrom raynaud primer

 

  • Sekunder

Penyebab dari sindrom raynaud sekunder ini ada beberapa faktor antara lain:

  • Penyakit autoimun misalnya sindrom sjogren dan rheumatoid arthritis
  • Cedera pada tangan ataupun kaki misalnya komplikasi operasi atau patah pergelangan tangan
  • Kanker pada darah, sistem kekebalan tubuh atau sumsum tulang misalnya limfoma, leukemia limfoblastik akut
  • Mengonsumsi obat obatan misalnya obat pil KB, penghambat beta atau obat migrain yang mengandung sumatriptan atau ergotamine
  • Kegiatan yang membuat gerakan berulang dalam jangka waktu yang lama misalnya mengetik, bermain alat musik atau mengoperasikan mesin dengan getaran cukup keras

 

Gejala Sindrom Raynaud

Gejala dari raynaud ini ada 3 tahap diantaranya:

  • Tahap 1

Berkurangnya aliran darah pada bagian jari tangan dan kaki akan berubah menjadi pucat.

  • Tahap 2

Jari tangan dan kaki akan menjadi biru karena pasokan energi oksigen berkurang. Pada tahap ini bagian jari jari tersebut akan terasa dingin serta mati rasa.

  • Tahap 3

Darah yang mengalir tidak normal atau lebih cepat membuat jari tangan dan kaki menjadi merah. Pada tahap yang ini jari jari tersebut akan merasa kesemutan dan berdenyut bahkan akan terjadi pembengkakan.

 

Gejala tersebut yang pada awalnya hanya satu jari tangan maupun kaki nanti akan menyebar ke jari lainnya. Biasanya yang mengalami penyakit ini hanya satu atau dua jari saja.

Gejala lainnya juga dapat terjadi mulai dari rasa nyeri atau terbakar saat darah mengalir lebih cepat. Gejala tersebut perlahan akan hilang dengan sendirinya ketika darah yang mengalir kembali normal. Gejala ini terjadi kurang dari 1 menit sampai beberapa jam/hari.

 

Pencegahan

Tidak perlu khawatir ketika terjadi gejala raynaud berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah sindrom raynaud yang dapat dilakukan antara lain:

  • Menggunakan baju hangat atau jaket dan perlengkapan lainnya misalnya syal, topi, kaos kaki, sarung tangan, penutup telinga atau gunakan masker agar tubuh terasa hangat.
  • Jangan banyak pikiran atau stres karena hal tersebut akan membuat tertekan dan cemas yang memicu kedinginan.
  • Hangatkan kendaran, jangan menggunakan AC dengan suhu yang terlalu dingin.
  • Jangan terlalu lama ketika di ruang dingin karena hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya raynaud.

 

Pengobatan 

Sampai saat ini belum ditemukan metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi raynaud ini. Akan tetapi dokter memberikan penangan agar dapat mengurangi keparahan dari gejala raynaud ini.

Untuk raynaud primer mulai dari mengenakan pakaian hangat, masuk pada ruangan yang lebih hangat, jangan stres, sering melakukan aktivitas fisik, pijat bagian jari tangan dan kaki dan hal lainnya yang membuat tubuh agar lebih hangat.

Sedangkan untuk raynaud sekunder dengan penangan medis seperti mengonsumsi obat obatan vasodilator dan antagonis kalsium.

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai pengertian raynaud, penyebab serta hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sindrom raynaud. Sebaiknya agar tidak mudah terkena gejala raynaud tersebut jangan stres serta hindari ruangan yang terlalu dingin.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post