AIDS-INDONESIA-300x199-1
Search
Close this search box.

Pengertian dan Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Tahukah Anda penyakit osteoporosis itu? Penyakit ini adalah keropos tulang dan biasanya rentang terjadi pada orang yang sudah lanjut usia dari umur 50 sampai 80 tahun. Hal ini terjadi karena kepadatan pada tulang menurun, sehingga seiring berjalannya waktu kualitas pada tulang mulai rapuh.

Jika orang yang mengalami penyakit ini, tidak segera ditangani dengan baik dapat mengganggu aktivitas dalam kehidupan Anda setiap harinya. Jadi, dibutuhkan penangan khusus agar tidak semakin parah.

Nah, sudah tahu bukan apa penyakit osteoporosis? Atau penjelasan singkat tadi masih kurang jelas? Jika belum, mari kita simak pada pembahasan di bawah ini mengenai pengertian dan cara mencegah penyakit osteoporosis.

 

Pengertian Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada tulang karena ada kerusakan pada jaringan. Sehingga tulang mengalami pengurangan dan penipisan massa, hal tersebut berdampak untuk hubungan antara tulang.

Anda akan merasakan sakit pada tulang apabila mengalami penyakit ini , bahkan bisa berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang baik. Dan akan berakibat pada fraktur tulang ketika ingin melakukan aktivitas seperti mengikat sepatu, bersin dan aktivitas gerak lainnya.

Osteoporosis kerap menyerang pada bagian tulang seperti tulang pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.

 

Inilah Cara Pencegahan Penyakit Osteoporosis

Tentu saja ada cara untuk mencegah agar Anda tidak mengalami penyakit ini, semua orang pastinya menginginkan tulang yang kuat dan sehat. Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat secara rutins setiap harinya. Berikut cara untuk mencegahnya.

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan harus dikonsumsi dari masa pertumbuhan anak sejak dini. Terutama pada anak remaja yang usianya 18 sampai 20 tahun dibutuhkan banyak nutrisi untuk pembentukan tulang yang baik hingga 90%.

Bahkan bisa dibilang makanan yang bergizi mampu membangun massa pada otot, yang di maksud dari makanan bergizi seperti sayuran, kacang, daging, ikan dan lainnya yang berprotein.

2. Mengkonsumsi Asupan Gizi yang Tinggi Kalsium

Perlu Anda tahu bahwa wanita yang sedang mengandung atau menyusui dan berusia 19 sampai 50 tahun harus mengkonsumsi kalsium sebanyak 1.000 mg. Sedangkan untuk wanita yang sudah lanjut usia harus memenuhi kalsium 1.200 mg.

Sementara untuk pria usia 17-70 dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium seperti dosis untuk wanita, sebanyak 1.000 mg. Dan pria yang usianya sudah 70 tahun lebih untuk mengkonsumsi kalsium 1.200 mg.

Makanan yang mengandung tinggi kalsium dan dianjurkan untuk dikonsumsi seperti susu almond, susu kedelai, tahu, tempe, brokoli, teri, kacang-kacangan, dan ikan.

3. Vitamin D Tercukupi

Selain harus mengkonsumsi makanan bergizi tinggi kalsium, vitamin D juga menjadi nutrisi yang harus dipenuhi. Vitamin yang baik itu sebanyak 600 sampai 800 IU, hal ini agar tulang Anda terjaga dari penyakit osteoporosis.

Cara yang paling sederhana untuk dilakukan adalah berjemur pada pagi hari dalam waktu 5-15 menit dalam 3 kali dalam seminggu dan ketika berjemur harus memakai sunblock agar tidak terkena kanker kulit. Selain berjemur, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti ikan salmon, kod, tuna, susu, dan mengkonsumsi juga suplemen vitamin D.

4. Rutin Berolahraga dan Bergerak

Cara mencegah penyakit osteoporosis selanjutnya dengan rutin berolahraga, olahraga memberikan banyak manfaat seperti membuat tubuh menjadi sehat, masa otot meningkat, resiko fraktur 40% menurun.

Olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit ini, dengan melakukan peregangan seperti (pilates, yoga dan tai chi), melakukan strength training angkat beban, dan kardio ringan.

5. Dapat Menghindari Merokok, Minum Alkohol, dan Kafein Berlebihan  

Merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga dapat mengakibatkan terjadi penyakit pada tulang. Hal ini karena rokok menyebabkan efek toksik yang akan masuk ke peredaran darah dan osteoblas sehingga beresiko tulang patah.

Bahkan rokok juga menghambat aksis vitamin D di tulang, begitu juga dengan kafein juga dikonsumsi berlebihan membuat kepadatan  dan kadar mineral pada tulang menurun.

 

Nah, hanya itu penjelasan yang kami berikan untuk Anda mengenai pengertian dan cara mencegah penyakit osteoporosis. Semoga pembahasan tadi dapat memberikan ilmu dan pengetahuan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *