Jarang Diketahui, Hal-hal ini Ternyata Memicu Keluarnya Kotoran Mata Secara Terus Menerus

Tahukah Anda saat tertidur nyenyak di malam hari dan ketika akan bangun membuka mata pasti mulai dari rambut akan kusut, ada air liur yang sudah kering di pipi, nafas yang bau sampai ada kotoran di mata.

Dibalik kejadian tersebut kotoran di mata tidak hanya muncul saat tidur saja, tetapi dapat menyebabkan gejala dari kesehatan. Simak lebih jelas tentang kotoran mata yang jarang diketahui dan hal-hal yang memicu keluarnya kotoran mata secara terus-menerus.

Apa itu Kotoran Mata?

Kotoran mata adalah kotoran berupa lendir yang ada di pojok mata atau terdapat disekitar bulu mata yang biasa disebut dengan belekan. Kotoran mata ini terjadi karena sisa dari kotoran yang sudah banyak sehingga menumpuk dan mengeluarkan belek di sekitar mata.

Kotoran mata ini biasanya berasal dari debu, sel kulit yang mati, campuran produk dari limbah atau benda yang asing sehingga masuk ke dalam mata. Benda asing ini dapat menimbulkan mata menjadi gatal, merah, tidak nyaman sehingga menjadi berair.

Reaksi dari terdapatnya benda asing yang masuk ke pada mata dan kemudian sistem tubuh akan merespon alami sehingga mata menjadi berair. Setiap akan berkedip lapisan yang tipis di air mata pasti akan menggenangi permukaan mata. Sebelum kotoran mata yang berlendir mengeras sisa rheum akan dibuang melalui pembuangan air mata.

Sehingga saat Anda tertidur dan mata tertutup permukaan mata akan tetap menjaga kelembabannya, kemudian melanjutkan untuk membersihkan mata dari semua sisa sampah dan lendir yang masuk saat membuka mata.

Ketika kita tidur produksi air mata pun menjadi berkurang sehingga menimbulkan kekeringan pada mata. Akibat dari kekeringan ini, tidak semua kotoran yang ada di mata dapat terbuang mudah dengan saluran ini. Dari kotoran mata yang tertinggal sehingga menumpuk di pojokan kemudian akan menimbulkan mata belekan.

Jika Anda memiliki mata yang kering, maka belek yang timbul akan kering seperti serpihan yang kasar. Jika belek yang lengket seperti lendir merupakan sisa sisa dari kelembaban mata.

Yang Menyebabkan adanya kotoran pada mata

Mengalami belekan adalah hal yang normal, pasti hampir semua orang pernah mengalaminya. Berikut ini ada beberapa penyebab dari adanya kotoran pada mata.

1. Karena Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan salah satu penyakit karena adanya parasit jamur, bakteri atau virus sehingga menginfeksi mata. Infeksi mata biasanya terasa sakit, mata menjadi merah sehingga menimbulkan belek.

Yang menyebabkan terjadinya infeksi mata yaitu bintitan, konjungtivitis, keratitis, blefaritis, dan dakrioadenitis. Jika Anda mengalami gejala seperti ini segeralah periksakan ke dokter untuk segera diobati dengan tepat.

2. Karena Alergi

Alergi mata atau biasa disebut konjungtivitis merupakan imun mata yang menyentuh dengan zat yang teriritasi atau alergen. Biasanya memiliki bentuk lendir yang putih dan berserabut sehingga menempel di pojokan mata

Sehingga menyebabkan kotoran mata atau benda asing menjadi satu kemudian mengental pada bagian bawah mata. Hal ini tidak dapat menular tetapi bisa mempengaruhi kedua mata.Alergi konjungtivitis ini terjadi karena alergen seperti debu atau bulu, bekas makeup, serbuk sari, dan beberapa cairan dari lensa kontak.

3. Saluran Mata Tersumbat

Saluran mata yang tersumbat terjadi karena sistem mata yang mengering sehingga air mata tersumbat. Sehingga mengakibatkan air mata tidak bisa mengering dengan biasa dengan baik dan menyebabkan mata menjadi iritasi, berair dan terinfeksi

Gejala dari saluran mata tersumbat seperti mata air berlebihan, mata menjadi merah, belekan warna kuning atau putih, kelopak mata menjadi keras, mengeluarkan lendir, hingga saat melihat menjadi kabur. Dan selain itu pada bagian di dalam mata mengalami pembengkakan.

Tersumbatnya saluran mata akibat dari pertumbuhan tulang wajah dan tengkorak kepala yang kurang normal seperti orang yang memiliki pengidap down syndrome. Dan selain memicu kondisi tersebut usia yang tua, polip dan cedera hidung juga menyebabkan saluran mata menjadi tersumbat.

Itulah beberapa penyebab yang jarang diketahui dari hal-hal yang ternyata dapat memicu keluarnya kotoran mata secara terus-menerus. Jika Anda keluar kotoran mata terus-menerus, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk segera ditangani dan diobati.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *