Ini Dia Kata KBBI yang Sering Salah digunakan

Tahukah Anda, meskipun kita sudah terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia, tanpa kita sadari masih banyak penulisan Bahasa Indonesia sering salah. Bahkan karena sering salah kaprah dengan KBBI, kesalahan penulisan ini dianggap wajar dan hal biasa.

Apabila penulisan Bahasa Indonesia salah dibiarkan saja tidak sesuai dengan Kaidah Bahasa Indonesia maka di kemudian hari akan menjadi masalah. Misalnya, saat Anda mengerjakan soal maupun saat memasuki dunia kerja.

Ketika berhadapan dengan dunia profesional, maka Anda harus terbiasa dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang tepat tujuannya untuk menghindari salah kaprah pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Apalagi bagi Anda yang menggunakan jasa penerjemah dalam mengelola dokumen penting.

Nah, kali kita akan mengulas sedikit mengenai beberapa contoh penulisan Bahasa Indonesia yang sudah menjadi kebiasaan dan tidak sesuai. Simak ulasan artikel berikut ini sampai selesai!

 

Kesalahan pada KBBI yang Menjadi Kebiasaan

Sebenarnya sudah banyak yang menjadi kebiasaan di masyarakat mengenai kesalahan menggunakan Bahasa Indonesia. Akan tetapi, agar Anda tidak bingung, di bawah ini ada beberapa kesalahan penulisan kosakata yang sering dilakukan diantaranya:

Terimakasih

Apakah penulisan tersebut sudah benar? Meskipun kata “Tolong dan Maaf” ini penulisannya salah akan tetapi hal ini dianggap wajar dan sudah menjadi kebiasaan. Penulisan yang benar berdasarkan KBBI yaitu Terima Kasih.

Mahluk

Ketika mempelajari ilmu biologi kata ini akan sering Anda temukan. Menurut penulisan pada KBBI yang benar yaitu Makhluk. Misalnya kalimat yang sering menggunakan kosakata ini “tumbuhan, manusia dan hewan merupakan makhluk hidup.”

Analisa

Diantara beberapa orang menganggap, kosakata diatas penulisannya benar. Akan tetapi, menurut kaidah KBBI, kosakata tersebut dari Bahasa Inggris termasuk dalam bahasa serapan “Analysis”. Jadi penulisan yang benar adalah Analisis.

Sekedar

Kosakata ini sering diulas pada pembahasan salah kaprah KBBI. Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar kata “sekedar.” Akan tetapi, penulisan tersebut salah. Penulisan kosakata yang benar yaitu Sekadar karena kosakata in dari kata dasar “kadar.”

Idul Fitri

Kosakata diatas sering kali diucapkan atau ditulis ketika hari raya. Apabila Anda masih menggunakan kosakata seperti di atas masih salah, jadi penulisan yang benar menurut KBBI adalah Idulfitri.

Hoax

Belakangan ini tentu Anda sering mendengar dengan istilah tersebut bukan? Misalnya “Stop berita Hoax.” Nah, ternyata Hoax ini adalah kosakata pada Bahasa Inggris. Maka dari itu penulisan KBBI yang benar adalah Hoaks.

Aktifitas

Satu lagi kosakata yang sering menjadi kebiasaan pada kesalahan penulisan Bahasa Indonesia. Kosakata ini merupakan kata dasar dari “Aktif.” Maka dari itu Anda akan menulis dengan “Aktifitas,” namun penulisan tersebut tidak sesuai.

Karena kosakata tersebut merupakan Bahasa Inggris kata serapan yakni “Activity.” Maka dari itu penulisan yang benar berdasarkan kaidah KBBI adalah “Aktivitas.”

 

Ejaan yang Sering Salah pada Bahasa Indonesia

Tidak hanya kosakata, tentunya Anda sering temukan kesalahan dalam penulisan ejaan. Karena hal ini terlalu sering maka penulisan tersebut dianggap wajar dan sudah biasa. Nah, itulah mengapa Anda harus mengetahui EYD pada KBBI.

Misalnya penggunaan kata depan ‘ke’ dan ‘di’. Penggunaan format yang salah ketika menggunakan kata kerja contohnya “ke gunaan” dan “di gunakan.” Penulisan yang benar dari kata kerja tersebut adalah disambung menjadi “kegunaan” dan “digunakan.”

Contoh penggunaan kata depan ‘ke’ dan ‘di’ yang dipisah misalnya “ke sana,” “di sana” “ke kantor,” “di kantor.”

 

Cara Menulis Huruf Kapital

Kesalahan ketika penulisan huruf kapital ini sudah sering terjadi saat menyatakan kekerabatan, misalnya ketika menggunakan kalimat yang mengandung ibu, bapak, adik dan lain sebagainya.

Seperti kalimat “Makanan apa yang Ibu beli?” Penggunaan huruf kapital pada “Ibu” benar karena kalimat ini bertujuan untuk menyapa. Akan tetapi tidak digunakan untuk menyapa ataupun mengacu pada objek tertentu.

 

Cara Mengatasi Kesalahan pada KBBI

Itu dia beberapa contoh kesalahan penulisan kosakata dan ejaan. Untuk mengatasi kesalahan penulisan tersebut dapat menggunakan beberapa tips berikut ini diantaranya:

Perbanyak Membaca

Dengan Anda rajin membaca dapat melihat penggunaan kosakata dan ejaan yang tepat pada kalimat.

Mencatat Kosakata Baru

Setelah Anda membacanya, biasakan untuk mencatat kosakata baru yang belum Anda ketahui. Jangan lupa untuk mengecek pada KBBI maupun PUEBI.

Belajar Menulis Deskripsi

Setelah Anda mempunyai kosakata bisa langsung diterapkan pada tulisan. Caranya, Anda bisa mulai menulis deskripsi yang ada disekitar Anda.

Nah, itulah kata KBBI yang sering salah digunakan oleh masyarakat dan menjadikan hal yang biasa dan sudah dianggap bahwa itu wajar. Mulai lah dari sekarang belajar menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar sesuai dengan KBBI.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post