Hal Penting Ketika Membuat Iklan Untuk Lowongan Pekerjaan

Sebagai seorang HRD pada suatu perusahaan, ada kalanya Anda diharuskan membuat suatu iklan untuk pasang lowongan kerja gratis tanpa adanya sebuah bantuan dari para tenaga ahli. Dalam hal ini mungkin akan membuat Anda menjadi bingung.

Dengan salahnya pembuatan iklan ini, bukannya menerima kandidat yang sesuai malahan membuang waktu juga anggaran dari perusahaan dimana Anda bekerja. Karena sebab inilah pembuatan iklan lowongan kerja mesti dicermati.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Iklan Untuk Lowongan Pekerjaan:

1. Menentukan Target yang Dicari

Ini merupakan kunci utama dalam pembuatan iklan untuk lowongan pekerjaan, yaitu menentukan target yang dicari atau dibutuhkan. Contohnya target yang Anda cari merupakan seorang fresh graduate dengan empat tahun pengalaman kerja di suatu perusahaan, bisa juga targetnya merupakan tenaga ahli yang telah bekerja hingga belasan tahun lamanya.

Dengan menentukan yang sesuai juga tepat tentu memudahkan Anda dalam membuat desain, memilih kata yang cocok juga dalam pemasaran iklan itu sendiri. Untuk contohnya iklan yang dibuat ditujukan pada fresh graduate, kata yang dapat digunakan yakni semiformal, warna yang digunakan pada iklan cerah atau terlihat ceria, dan mempublikasikan pada media sosial tertentu yang relevan.

Jika target yang ditujukan merupakan ahli atau profesional, penggunaan kata-kata formal dianjurkan sekali, penggunaan warna yang cenderung biasa atau tidak cerah, Anda dapat melakukan pemasangan iklan pada media seperti koran.

2. Judul Dari Iklan Terdengar Menarik

Cara ampuh lain dalam memperoleh kandidat yang sesuai, judul yang menarik pada iklan lowongan pekerjaan juga berpengaruh. Karena tentu saja, judul merupakan hal yang pertama mereka baca.

Jika saja judul yang digunakan terdengar menarik, kandidat dengan talenta tinggi pasti akan dengan cepat mengirim dokumen lamaran kerja. Dan sebaliknya, kandidat dengan talenta tinggi ini akan mengabaikan iklan tersebut sebab judul dari iklan tersebut tak menarik.

3. Deskripsi Pekerjaan Dibuat Dengan Mendetail

Setelah menentukan target yang sesuai dengan pekerjaan juga judul iklan, yang harus Anda lakukan yaitu membuat deskripsi terkait pekerjaan yang diiklankan. Tuliskan apa yang menjadi tugas inti dari karyawan, target yang perusahaan harapkan dapat diperoleh karyawan.

Misal saja untuk ahli bidang sosmed, target dari karyawan yang diharapkan dapat membuat pengikut akun instagram bertambah.

Anda juga perlu mencantumkan hal tertentu, berupa syarat, keahlian dari karyawan yang dicari, juga peran mereka dalam perusahaan. Tuliskan poin tadi dalam bentuk yang bisa dibaca dengan mudah, agar ketika membaca iklan akan tetap terasa nyaman.

4. Tuliskan Fasilitas Apa Saja yang Mereka Terima

Fasilitas dengan kualitas bagus juga lengkap, merupakan satu dari sekian alasan perusahaan dapat memiliki karyawan dengan talenta tinggi. Anda tak perlu ragu dalam menuliskan apa saja fasilitas dari pekerjaan yang diiklankan.

Jika saja perusahaan tempat Anda mempunyai ragam fasilitas yang dapat memberi keuntungan karyawannya, tak perlu untuk mencantumkan semua. Anda cuma perlu menulis fasilitas paling menarik, seperti jam kerja karyawan lebih fleksibel.

5. Menuliskan Gaji yang Akan Diberikan

Lebih dari 30% kandidat akan tertarik perhatiannya, jika saja iklan yang dibuat Anda mencantumkan gaji karyawan yang diberikan, dibanding pada iklan yang tak menuliskannya. Hal tersebut memang tak bisa menjadi patokan. Karena hal utama yaitu menuliskan deskripsi dengan mendetail serta judulnya.

6. Gambar Pada Iklan yang Dibuat Semenarik Mungkin

Desain dari iklan juga masuk pada apa yang kandidat lihat, sebelum mereka membaca lebih lanjut deskripsi pekerjaan pada iklan Anda. Usahakan desain gambar untuk iklan Anda semenarik mungkin. Serta penggunaan warna secukupnya, tidak terlalu banyak. Sebab, kandidat akan dibuat bingung yang menjadi penyebab tidak jadinya mereka melamar kerja pada perusahaan dimana Anda bekerja saat itu.

7. Memilih Tempat Dimana Anda Akan Mempublikasikan Iklan Dengan Tepat

Ini juga masuk pada hal yang tak boleh Anda lewatkan, yakni tempat dimana Anda akan mempublikasi iklan tersebut. Media sosial juga masuk pada tempat yang cocok dalam memasang iklan, bisa juga Linkedin, website dari perusahaan Anda bekerja.

Kandidat karyawan yang sesuai tentu tak mudah didapatkan seperti bayangan setiap orang. Tidak salah juga jika Anda melakukan sebuah cara agar memperoleh kandidat kualitas tinggi. Sekian terkait hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat iklan untuk lowongan pekerjaan.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post