Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Banyak sekali orang dari semua kalangan umur yang menderita infeksi saluran pernapasan. Yang dimaksud dengan penyakit infeksi saluran adalah infeksi yang terjadi di saluran pernapasan atas maupun bawah. Penyakit ini bisa dicegah dan bisa diobati. Meskipun bisa diobati, penyakit ini sangat berbahaya bagi anak-anak, lansia, dan orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. 

Infeksi saluran pernapasan bisa berada di atas (URI/URTI) dan berada di bawah (LRI/LRTI). Infeksi saluran pernapasan yang berada di atas bisa terjadi di rongga hidung, sinus, atau tenggorokan. Dan infeksi yang berada di bawah bisa terjadi di bronkus, bronkiolus, atau paru-paru. 

 

1. Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan muncul bukan karena sebab. Penyebab dari infeksi saluran pernapasan juga beragam. Maka dari itu, sekarang akan membahas apa saja penyebab dari infeksi saluran pernapasan, yaitu  bakteri, jamur, virus, atau parasit. Penyakit ini bisa menular ketika orang yang menghirup percikan air liur orang penderita infeksi saluran pernapasan ketika batuk ataupun bersin. Penyebab lainnya bisa diakibatkan melalui tangan yang belum bersih, terlebih ketika tangan setelah menyentuh benda yang sudah terpapar virus atau bakteri.

 

Beberapa jenis kuman yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran pernapasan, antara lain

  • Virus, seperti parainfluenza, virus corona, virus herpes simplex, hantavirus, dan masih banyak virus yang lain.
  • Bakteri, seperti e.coli, chlamydia, neisseria gonorrhoeae, dan masih banyak bakteri yang lain.
  • Jamur, seperti candida, histoplasma, aspergillus.
  • Parasit, seperti pneumocystis carinii.

 

Berdasarkan letak infeksi, ada beberapa penyakit yang berada di atas dan di bawah, antara lain:

  • Infeksi saluran pernapasan atas, meliputi radang tenggorokan, faringitis, common cold, rhinitis, sinusitis, dan tonsilitis.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah, meliputi TBC, pneumonia, bronkitis, aspergillosis, dan bronkiolitis.

 

2. Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Setelah mengetahui seputar penyakit infeksi saluran pernapasan, selanjutnya akan membahas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Jika infeksi disebabkan oleh virus, biasanya tidak memerlukan perawatan yang intensif. Tetapi untuk membantu meredakan gejala tersebut, anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat
  • Berkumur dengan air garam
  • Istirahat dengan cukup
  • Mandi dengan air hangat
  • Menghindari udara dingin
  • Minum air putih dengan jumlah yang cukup

Jika infeksi belum juga sembuh,ada upaya lain yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Upaya yang bisa anda  lakukan adalah:

a. Meminum Obat

Upaya meminum obat ini bisa mengurangi bahkan menyembuhkan infeksi saluran pernapasan. Obat yang bisa anda konsumsi adalah antibiotik, obat antitusif, obat penurun demam, kortikosteroid, dan dekongestan. 

b. Perawatan di Rumah Sakit

Ketika penyakit infeksi saluran pernapasan semakin parah, penderita infeksi saluran pernapasan bisa dirawat di rumah sakit agar bisa mendapat pantauan yang intensif. Anda harus segera membawa ke rumah sakit jika gejala infeksi saluran pernapasan semakin memberat dan muncul keluhan baru, seperti penurunan kesadaran, adanya tanda-tanda syok, dan sesak napas.

c. Operasi

Meskipun tidak sering dilakukan oleh semua orang, tindakan operasi dapat dilakukan oleh penderita sinus yang sangat parah. Sinus adalah kumpulan nanah yang berada di belakang tenggorokan.

 

3. Kompilasi Infeksi Saluran Pernapasan

Jika infeksi saluran pernapasan tidak segera diobati, penyakit ini akan menjadi komplikasi infeksi saluran pernapasan, seperti gagal nafas, bronkiektasis, gagal jantung kongestif, otitis media, henti napas, sepsis, fibrosis paru, dan ARDS.

 

4. Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Sebagai manusia yang mempunyai fisik yang sehat, kita harus bisa mencegah agar tidak mudah terkena penyakit. Karena sekarang sedang membahas tentang penyakit infeksi saluran pernapasan, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, yaitu:

  • Menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari asap rokok
  • Menjaga kebersihan barang-barang di sekitar
  • Mengelola stres dengan hal yang positif
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat
  • Menghindari kontak dengan orang yang teridentifikasi infeksi

 

Berikut adalah cara-cara untuk mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan. Dengan pembahasan kali ini, anda bisa mengetahui apa itu penyakit infeksi saluran pernapasan dan bagaimana cara untuk mengobati dan mencegah penyakit tersebut. Banyak sekali cara-cara pengobatan dan pencegahan yang bisa anda lakukan. 

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post