AIDS-INDONESIA-300x199-1
Search
Close this search box.

Cara Install React Native di Windows 10 Lengkap

Cara Install React Native di Windows 10 Lengkap merupakan cara dasar atau hal yang paling utama yang wajib diketahui bagi developer react native, karena instalasi merupakan tombak dari proses pembuatan aplikasi.

Dilansir dari situs www.duniaprogramming.com bahwa React Native merupakan bahasa pemrograman android populer bersamaan dengan flutter, karena kemudahan bahasa yang dipahami yang mana hampir mirip dengan HTML dan CSS.

Auto Draft

Cara Install React Native di Windows 10 Lengkap

1. Install React Native dengan Prerequisites dan Persiapan

Sebelum menginstall React Native di Windows 10, pastikan Anda sudah memenuhi beberapa prasyarat berikut:

a. Node.js dan npm

Pastikan Anda sudah menginstall Node.js dan npm (Node Package Manager) di komputer Anda. Anda dapat mengunduh installer Node.js dari situs resminya dan mengikuti instruksi instalasinya. Setelah Node.js terpasang, npm akan otomatis ikut terinstal.

b. JDK (Java Development Kit)

React Native memerlukan JDK agar dapat berjalan dengan baik. Unduh JDK dari situs resmi Oracle atau OpenJDK dan ikuti instruksi instalasinya.

c. Android Studio

Android Studio dibutuhkan untuk mengatur pengembangan aplikasi Android. Instal Android Studio dari situs resminya dan pastikan Anda memilih instalasi yang termasuk Android SDK dan Android Virtual Device (AVD) Manager.

d. React Native CLI

Setelah persiapan di atas sudah selesai, selanjutnya Anda dapat menginstall React Native CLI (Command Line Interface) dengan menggunakan npm. Buka Command Prompt atau PowerShell sebagai administrator dan jalankan perintah berikut:

npm install -g react-native-cli

2. Setting Variabel Environment

Setelah menginstall React Native CLI, Anda perlu mengatur variabel environment untuk Android SDK. Ini akan memudahkan React Native untuk menemukan alat yang diperlukan untuk mengkompilasi dan menjalankan aplikasi di perangkat atau emulator Android.

a. Buat ANDROID_HOME

Buka Control Panel, cari "Environment Variables" atau "Variabel Lingkungan," lalu klik "Edit the system environment variables." Klik tombol "Environment Variables" di jendela System Properties.

b. Tambahkan ANDROID_HOME

Di bagian "System variables," klik "New" dan tambahkan variabel berikut:

  • Variable name: ANDROID_HOME
  • Variable value: Lokasi folder instalasi Android SDK (misalnya: C:\Users\\AppData\Local\Android\Sdk)

3. Running React Native

Setelah melakukan semua persiapan di atas, Anda siap menjalankan proyek React Native pertama Anda di Windows 10.

a. Buat Proyek React Native Baru

Buka Command Prompt atau PowerShell, lalu masuk ke direktori di mana Anda ingin membuat proyek React Native. Jalankan perintah berikut:

npx react-native init NamaProyekAnda

NamaProyekAnda akan digantikan dengan nama proyek yang Anda inginkan.

b. Jalankan Aplikasi di Emulator atau Perangkat

Masih dalam Command Prompt atau PowerShell, masuk ke direktori proyek React Native dengan menjalankan:

cd NamaProyekAnda

Kemudian, untuk menjalankan aplikasi di emulator, jalankan perintah:

npx react-native run-android

Jika ingin menjalankan aplikasi di perangkat fisik, pastikan perangkat sudah terhubung ke komputer melalui kabel USB, lalu jalankan perintah yang sama.

c. Menjalankan Aplikasi di iOS (Opsional)

Jika Anda ingin menjalankan aplikasi React Native di simulator iOS, pastikan Anda juga memiliki Xcode terinstall di komputer Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

npx react-native run-ios

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda berhasil menginstall React Native di Windows 10 dan sudah siap mengembangkan aplikasi mobile dengan mudah menggunakan teknologi yang powerful ini. Selamat mencoba!