Bukan Hanya Karena Covid, Ini Penyebab Anosmia dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Tentu saja setiap orang tidak ingin terjangkit penyakit walaupun penyakit tersebut termasuk penyakit ringan. Salah satunya yaitu ketika hidung Anda kehilangan indera penciuman. Anosmia merupakan hilangnya indera penciuman karena dapat mengakibatkan seseorang yang menderita penyakit ini tidak dapat mencium bau dan pasti membuatnya tidak bisa menikmati makanan seperti biasa.

Anosmia tentu akan mengganggu keseharian seseorang dalam hal mengkonsumsi makanan dan beberapa aktivitas lainnya. Kondisi ini membawa dampak buruk seperti hilangnya nafsu untuk makan, malnutrisi, serta dapat menurunkan berat badan dan mengakibatkan depresi.

Sebagian orang mengatakan bahwa anosmia diakibatkan oleh pilek yang sifatnya sementara. Namun, anosmia bisa saja terjadi dalam waktu jangka panjang yaitu tanda penyakit serius yang wajib untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dari dokter. Anosmia ini juga banyak dialami oleh para penderita COVID-19. Berikut ini penyebab dari anosmia:

1. Gangguan Pada Dinding Hidung

Penyebab dari anosmia bisa jadi akibat adanya gangguan pada dinding hidung seperti hidung tersumbat yang disebabkan seperti pilek, flu, kebiasaan merokok, sinusitis, rhinitis alergi, dan rhinitis non alergi.

2. Rongga Pada Hidung Tersumbat

Kondisi yang bisa menyebabkan rongga pada hidung tersumbat yaitu kelainan tulang hidung, tumor dan polip hidung. Hidung yang tersumbat karena hidung mengeluarkan lendir atau ingus yang berlebihan hingga meradang dan sulit untuk mencium bau.

3. Rusaknya Sistem Saraf dan Kerusakan Pada Kepala

Kerusakan ini dapat terjadi ketika saraf yang memiliki fungsi sebagai pengirim sinyal bau menuju otak mengalami kerusakan, yang sudah dipastikan akan menimbulkan gangguan di kepala, dan bisa jadi anosmia terjadi dikarenakan dari gangguan otak itu sendiri. Adapun penyebabnya yaitu:

  • Penuan
  • Cedera kepala
  • Polip hidung
  • Diabetes
  • Sindrom kallmann
  • Kekurangan nutrisi
  • Efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan
  • Paparan racun atau insektisida
  • Penyakit Parkinson
  • Tumor hidung atau otak
  • Gangguan hormon
  • Penyakit anosmia bawaan
  • Radioterapi di kepala dan juga leher

 

Cara mengatasinya

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi anosmia, salah satunya yaitu dengan melakukan konsultasi ke dokter. Namun disisi lain tentu saja ada cara yang efektif dalam mengatasi asnomisa, salah satunya yaitu yaitu dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan dan dapat dibuat sendiri dirumah, Berikut ini adalah bahan untuk mengatasi anosmia:

1. Minyak Jarak

Minyak Jarak sudah dipercaya dapat mengatasi hidung yang tidak dapat mencium bau. Karena, kandungan dari minyak jarak berupa kandungan asam risinoleat yang bisa mengatasi peradangan pada saluran hidung, membantu untuk melawan infeksi, dan bisa mengurangi pembengkakan.

Cara untuk menggunakan minyak ini yaitu dimulai dari menghangatkan minyak jarak terlebih dahulu dan perlu diperhatikan agar minyak yang sedang Anda hangatkan tidak sampai mendidih. Dan yang terakhir yaitu dengan meneteskan sedikit minyak jarak tersebut pada tepi lubang hidung. Peragakan cara ini sebelum Anda tidur dan ketika bangun tidur.

2. Jahe

Jahe mengeluarkan aroma kuat yang bisa dijadikan untuk latihan mencium bau. Selain itu dapat dilakukan dengan cara minum seduhan jahe untuk mengatasi hidung tersumbat dan membantu mengatasi peradangan.

Cara untuk membuat seduhan jahe bisa dibilang cukup mudah yaitu berawal dari mengupas kulitnya, geprek jahe kemudian seduh dengan air hingga mendidih, bisa ditambahkan sedikit gula untuk menambah sedikit rasa. Orang- orang mungkin bisa menyebut minuman yang terbuat dari jahe ini wedang jahe bahkan sangat bagus untuk dikonsumsi, tidak hanya untuk membantu mengatasi anosmia saja minuman ini juga memiliki manfaat lainnya.

3. Daun Mint

Daun mint memiliki kandungan zat anti peradangan dan juga zat antimikroba. Kedua kandungan ini dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat serta membantu untuk mengembalikan penciuman bau. Daun mint sama seperti jahe yang dapat dijadikan metode untuk melatih penciuman dengan seduhan dari daun mint yang dapat melegakan saluran pernapasan.

Cara untuk menyeduh daun mint bisa dikatakan lebih mudah daripada membuat seduhan dari jahe yaitu dengan merebus sedikitnya 10-15 lembar untuk secangkir air.

Itulah penjelasan mengenai anosmia tentang penyebab dan cara alami untuk mengatasinya. Solusi terbaik untuk menjalani hidup yaitu dengan menjaga kesehatan untuk diri kita sendiri dan jika sudah terlanjur mengalami, maka terapkanlah cara yang sudah kami jelaskan untuk melawan anosmia.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *