Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Hepatitis?

Beberapa akhir waktu ini penyakit hepatitis sedang melanda dan masuk di Indonesia yang menyerang anak anak. Laporan dari Inggris pertama kali ditemukan pada 5 April 2022 dan kini diduga sudah menyebar sampai 20 negara.

Di Indonesia kita telah dilaporkan bahwa kasus yang terkena penyakit hepatitis ini sudah mencapai 18 orang, 9 masuk dalam kasus status pending classification, 7 orang discarded dan 1 orang masih dalam proses verifikasi. Penyebab hepatitis belum diketahui jelas, simak di bawah ini untuk lebih lanjut.

Hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan peradangan pada hati karena racun/toxin misalnya dari bahan obat obatan, bahan kimia atau penyebab agen infeksi misalnya virus.

Penyakit hepatitis ini diketahui penyebabnya ditemukan virus A, B, C, D dan E. Jenis hepatitis A termasuk pada hepatitis akut. Virus hepatitis B dari cara penularannya seperti kontak darah.

Jenis hepatitis C hampir sama dengan jenis hepatitis B. Hepatitis D karena perkembangan virus hepatitis B. Sedangkan untuk hepatitis E ini sama seperti hepatitis A, akan tetapi penyebarannya melalui makanan yang dikonsumsi.

Dari beberapa jenis hepatitis tersebut yang paling bahaya jenis hepatitis B dan C. Karena hepatitis ini sering menyebabkan pada masalah kesehatan yang lebih serius. Selain itu juga dapat membuat kronis hepatitis.

Penyebab Hepatitis

Biasanya faktor yang dapat menyebabkan hepatitis misalnya mengonsumsi obat yang berlebihan, alkohol atau peradangan hati karena kondisi tersebut dapat meningkatkan terkena hepatitis.

Selain itu juga terdapat virus infeksi yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga jenis virus tersebut menyebar melalui udara atau makanan. Bahkan terjadi karena tidak mencuci tangan.

Cara Pencegahan

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan agar tidak terkena resiko hepatitis.

1. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun

Cara yang pertama rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Karena hal ini penularannya disebabkan melalui benda yang terkontaminasi dari percikan air liur, makanan atau tangan yang membuat infeksi adenovirus.

Mencuci tangan menggunakan air dan sabun akan lebih efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan kulit dan juga akan mengurangi jumlah mikroorganisme misalnya bakteri, virus dan parasit lainnya.

2. Makan dan minum yang sehat

Saluran pencernaan anak dapat terserang dari adanya infeksi adenovirus. Maka dari itu, cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit hepatitis ini mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Misalnya memasak makanan sampai benar benar matang. Kurangi untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mentah karena terkontaminasi adenovirus yang tinggi. Karena sebagian besar terkena resiko hepatitis.

3. Memakai alat makan pribadi

Menggunakan alat makan pribadi juga merupakan bagian dari pencegahan penyakit hepatitis akut. Maka dari itu saat anak main di luar rumah atau berangkat sekolah sebaiknya dibekali peralatan makan sendiri.

Tidak hanya itu orang tua juga harus mengingatkan kepada anak supaya tidak berbagi peralatan makanan dengan orang lain. Dengan hal ini membuat anak terhindar dari penularan hepatitis.

4. Gunakan masker ketika ke luar rumah

Mencegah hepatitis juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker ketika di luar rumah. Karena adenovirus ini akan cepat menular ketika bersih atau melalui percikan air liur saat berbicara atau batuk.

Maka dari itu sebaiknya ketika berada di luar rumah atau di tempat keramaian upayakan untuk selalu menggunakan masker agar terjaga dari penyakit hepatitis.

5. Menjaga jarak dengan orang yang sakit

Sebaiknya ketika ada orang lain yang sedang sakit, selalu menjaga jarak agar tidak tertular hepatitis. Karena menurut penelitian penyakit ini dapat menular pada anak yang memiliki sistem imun yang lemah.

6. Vaksin HBO untuk bayi

Memberikan vaksin HBO kepada bayi dapat mencegah terkena penyakit hepatitis dari jenis virus hepatitis B. Vaksin dianjurkan untuk bayi pada usia < 24 jam sesudah kelahiran dan diberi vitamin K.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit hepatitis akut. Informasi ini penting untuk diketahui agar terhindar dari penyakit hepatitis karena mematikan.

Dr. Johan Faust
Dr. Johan Faust

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Post