AIDS-INDONESIA-300x199-1
Search
Close this search box.

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Anemia?

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh seseorang memiliki jumlah sel darah merah dibawah normal. Pasalnya sel darah merah pada tubuh berfungsi untuk menyediakan oksigen ke jaringan tubuh. 

Sehingga ketika kondisi tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, oksigen yang terbawa untuk jaringan tubuh akan semakin sedikit.

Penyakit anemia sendiri umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun mulai dari anak-anak, remaja, hingga lansia. Jika dibandingkan, penderita anemia jumlahnya lebih banyak wanita ketimbang laki- laki.

Seseorang yang mengidap penyakit ini biasanya terlihat lemah, pucat dan kelelahan. Namun penderita penyakit anemia jarang menyadarinya. Sebab, gejala yang muncul sering dianggap sebagai hal yang biasa terjadi.

Pada wanita yang telah memasuki masa pubertas, mereka rentan mengalami anemia saat mengalami menstruasi. Terlebih jika hal tersebut berlangsung cukup lama dan mengeluarkan darah yang cukup banyak.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hampir sebagian besar penyebab dari penyakit anemia dapat dicegah dengan gaya hidup yang sehat.

 

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Anemia

Salah satu cara mencegah Anemia yaitu dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Berikut artikel bagaimana cara mencegah penyakit anemia yang dapat Anda  lakukan.

 

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Jika Anda ingin mencegah penyakit anemia, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Pasalnya zat besi adalah zat yang berperan dalam tubuh kita untuk pembentukan hemoglobin.

Contoh makanan yang mengandung zat besi yaitu sebagai berikut:

  1. Telur
  2. Kacang-kacangan seperti kacang polong.
  3. Biji bijian utuh seperti beras merah.
  4. Sayur hijau seperti bayam.
  5. Buah-buahan kering seperti kismis.
  6. Sereal, roti dan pasta yang kaya akan zat besi.

 

2. Minum Suplemen Penambah Darah

Suplemen ini mungkin ditujukan untuk wanita yang rentan terkena penyakit ini saat menstruasi. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa mencegah dengan mengkonsumsi multivitamin zat besi atau penambah darah. 

 

3. Minum Suplemen Zat Besi

Anemia juga bisa ditangani dengan minum suplemen zat bes. Jadi, selain mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi Anda juga perlu minum suplemen zat besi.  

Anda dapat mengkonsumsi obat ini di antara makan siang dan malam.  Misalnya seperti di antara sarapan pagi dan makan siang dan sore-sore sebelum makan malam dan setelah makan siang.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, Anda mungkin perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c. Pasalnya kandungan vitamin c dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Hindari konsumsi Suplemen dan makanan kalsium bersamaan dengan zat besi. Karena kalsium dapat menyebabkan penghambatan penyerapan zat besi pada tubuh.

 

4. Transfusi Darah

Cara untuk mengobati penyakit anemia juga dapat dilakukan dengan transfusi darah. Transfusi darah dapat dilakukan dengan mendapatkan donor darah dari orang lain melalui intravena yang terletak di salah satu pembuluh darah Anda. 

Umumnya, transfusi darah dilakukan untuk mengobati anemia jenis aplastik, thalasemia, dan anemia hemolitik lainnya.

Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter ahli karena, proses transfusi darah membutuhkan pencocokan darah antara darah yang disumbangkan dengan penerima darah.

Dengan adanya transfusi darah akan membantu untuk meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh penderita anemia.

 

5. Obat-Obatan

Jenis anemia yang disebabkan oleh penyakit tertentu dapat diatasi dengan obat-obatan.  Pada umumnya penggunaan obat-obatan diberikan kepada mereka yang menderita autoimun.

Obat yang diberikan  berguna untuk mencegah sistem kekebalan tubuh pada penderita dan dapat menghancurkan sel darah merah pada tubuh mereka dengan sendirinya.

Obat obatan juga dapat diberikan kepada mereka yang menderita penyakit anemia. Namun penderita tidak dapat menjalani transplantasi sumsung tulang.

Pasalnya obat-obatan yang diberikan memiliki fungsi untuk membantu merangsang pada sumsum tulang belakang sehingga dapat menghasilkan sel darah baru.

 

Diatas adalah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit anemia yang perlu Anda ketahui. Anda dapat memilih berbagai cara untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia. Namun, pastikan jika Anda sudah konsultasi dan mendapatkan saran dari dokter sebelum melakukan pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *