AIDS-INDONESIA-300x199-1
Search
Close this search box.

5 Cara dalam Mencegah dan Mengobati Penyakit Hernia

Tahukah Anda apa penyakit hernia itu? Penyakit hernia merupakan salah satu penyakit yang akan terjadi pada jaringan atau organ pada tubuh bagian dalam merobek dan mendorong organ yang ada disekitarnya. Tidak hanya itu, penyakit ini juga dapat terjadi disekitar dada dan pinggul.

Pertanda yang ada akan muncul seperti benjolan, atau adanya pembengkakan pada permukaan kulit. Biasanya penyakit hernia kerap menyerang pria dewasa, sehingga membuat aktivitas sehari-hari menjadi terkendala.

Segera lakukan pengobatan apabila sudah mengalaminya, agar penyakit ini tidak bertambah parah sehingga menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi. Nah, jika Anda tidak ingin mengalaminya, juga diperlukan pencegahan agar terhindar dari penyakit hernia.

Lalu, bagaimana cara dan mencegah dan mengobati penyakit hernia ini? Yuk kita simak pada pembahasan di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Hernia

  1. Berat Badan Harus Ideal

Apabila Anda mengalami berat badan yang berlebihan atau disebut dengan obesitas, resiko mengalami hernia akan semakin besar. Hal ini karena, kelebihan berat badan akan membuat tekanan pada dinding perut semakin kuat.

Ketika melakukan gerakan atau berdiri, tekanan akan terjadi terus-menerus pada dinding perut karena kelebihan lemak. Maka, pastikan berat badan Anda tetap ideal untuk menghindari resiko terkena penyakit hernia.

  1. Hindari untuk Mengangkat Beban Berat

Perlu diketahui juga bahwa mengangkat beban yang berat juga dapat membuat tekanan pada perut. Sehingga bisa menjadi resiko hernia, maka hindarilah untuk mengangkat beban yang berlebihan, perhatikan posisi tubuh ketika membungkuk dengan lutut Anda, jangan langsung diangkat ke atas.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Memang jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berserat dapat membuat saluran pencernaan dapat terganggu seperti sembelit. Kondisi ini dapat menyebabkan resiko terkena penyakit hernia, akibat adanya tegangan ketika buang air besar.

Namun, untuk makanan yang berserat seperti buah pisang, jeruk, apel, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan dapat melancarkan BAB dan tidak terjadi sembelit. Maka dengan begitu bisa mencegah terkena penyakit hernia.

  1. Berolahraga 

Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dapat menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Namun, jika ingin terhindar dari penyakit hernia lakukanlah olahraga yang tepat, jangan melakukan olahraga yang memberikannya tekanan di perut.

Mungkin olahraga yang tepat seperti angkat beban ringan, pilates, yoga, bersepeda dan berlari. 

  1. Hindari Merokok

Jika tidak ingin terkena resiko penyakit hernia, sebaiknya Anda harus menghindari kebiasaan merokok karena merokok dapat membuat tenggorokan gatal sehingga terus-menerus batuk. Dari batuk tersebut membuat dinding perut menjadi terkenal dan menyebabkan hernia

Cara Pengobatan Penyakit Hernia

  1. Mengubah Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu penyakit hernia menjadi menurun, hernia hiatus yang ada di lambung dapat terbantu dan tidak berkembang ke hal yang lebih parah lagi. Langkah tepat menjaga pola makan dengan makan sesuai kebutuhan porsinya, tetap menjaga berat badan ideal, dan setelah makan jangan langsung membungkuk atau berbaring.

  1. Mengkonsumsi Obat-Obatan

Jika sudah mengetahui mengalami penyakit tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter apakah ada obat yang tepat untuk mengobati penyakit hernia. Biasanya untuk penyakit hernia hiatus ada dua jenis obat yang dapat dikonsumsi seperti obat mengurangi rasa tidak nyaman dan asam lambung. Obat tersebut masak dalam penghambat H-2, antasida, dan penghambat pompa proton. 

  1. Melakukan Tindakan Operasi

Cara terakhir mengobati penyakit hernia dengan melakukan tindakan operasi, hal ini dilakukan apabila pembengkakan yang terjadi sudah mulai membesar dan menimbulkan rasa sakit yang hebat, contohnya seperti hernia strangulata.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai 5 cara dalam mencegah dan mengobati penyakit hernia. Semoga penjelasan tersebut dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *