Mengetahui Fakta Unik Seragam Kerja Dokter

Apa yang terlintas pada pikiran Anda jika mendengar kata dokter? Apakah Anda mempunyai cita-cita untuk menjadi dokter atau apakah Anda penasaran dengan seragam kerja dokter?. Dokter memang termasuk salah satu pekerjaan yang sangat dikagumi dan disegani banyak orang. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun mengagumi tentang pekerjaan dokter ini.

Sangat berbeda dengan seragam kerja pada umumnya, seragam kerja dokter ini mempunyai kekhasan dan juga keunikan tersendiri. Warna putih yang mendominasi pada seragam kerja dokter ini menunjukkan bahwa mereka selalu tampil bersih.

Akan tetapi tidak hanya berwarna putih saja, tentunya Anda pasti pernah melihat seragam kerja dokter yang berwarna lain. Tidak sama dengan jas harian yang selalu dipakai, seragam lain dari seorang dokter yaitu seragam bedah atau seragam yang dikenakan waktu operasi.

Simak penjelasan tentang fakta unik seragam kerja dokter berikut ini.

Dulunya Seragam Bedah Berwarna Putih

Fakta unik seragam kerja dokter yang pertama yaitu pergantian warna pada seragam. Dulunya seragam kerja dokter bedah berwarna putih, kemudian diganti menjadi berwarna hijau. Warna dari seragam ini diganti pada waktu abad ke 20. Salah satu yang menjadi alasan utama dari digantinya warna seragam ini yaitu warna hijau diklaim dan juga dianggap ampuh menetralisir penglihatan mata setelah para dokter terus-menerus melihat darah dari si pasien.

Kemudian juga terdapat alasan lain mengenai digantinya warna seragam ini yaitu warna putih pada seragam kerja dokter bedah dapat mengganggu penglihatan. Selain itu juga dapat menimbulkan ilusi optik yang membuat warna merah dari darah berubah menjadi hijau di bagian permukaan yang berwarna putih tersebut.

Warna Hijau Merupakan Warna Terbaik Bagi Dokter Bedah

Fakta unik seragam kerja dokter yang kedua yaitu warna hijau diklaim sebagai warna yang terbaik bagi pekerjaan dokter khususnya dokter bedah. Warna hijau menjadi warna terbaik serta warna yang paling pas untuk penglihatan. Mengapa demikian? Hal ini karena warna hijau dapat membuat mata menjadi lebih segar atau lebih fresh.

Oleh karena itu dengan warna hijau maka mata seolah dapat beristirahat dengan melihat warna hijau ini. Terutama lagi untuk seorang dokter. Pekerjaan mereka yang berhubungan dengan darah maka akan dinetralisir dengan seragam bedah atau operasi yang berwarna hijau.

Menurut Dari Spektrum Warna

 

Fakta unik seragam kerja dokter yang ketiga yaitu menurut dari spektrum warna. Dalam roda spektrum warna, warna merah berlawanan dengan warna hijau. Hal ini disebabkan karena warna hijau dapat menetralisir warna merah ketika dokter bedah melihat darah secara terus-menerus. Warna hijau ini sendiri juga sangat sering dikaitkan dengan warna yang seimbang, segar, dan juga tenang.

Oleh karena itu warna hijau ini dinilai sangat cocok dengan pekerjaan dokter yang pastinya membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan juga ketenangan ketika sedang melakukan pembedahan. Dan supaya tidak membuat kepekaan dan juga konsentrasi dokter berkurang yang dikarenakan melihat darah secara terus menerus, maka dipilihlah warna hijau untuk sebagai penetralisir warna.

Dulunya Jas Seragam Dokter Berwarna Hitam

Fakta unik seragam kerja dokter yang terakhir yaitu dulunya jas dari seragam dokter berwarna hitam. Pergantian jas dokter dari yang berwarna hitam menjadi berwarna putih ini berlangsung lumayan cepat. Hal ini telah terbukti dalam dua lukisan oleh seorang seniman asal Amerika yang bernama Thomas Eakins.

Dalam karya Thomas Eakins tersebut, tahun 1875 di The Gross Clinic bersama dengan Dr. Samuel Gross serta rekan dokter yang lain, semuanya memakai jas hitam pada saat melakukan operasi kaki oleh seorang laki-laki. Kemudian kurang dari 15 tahun, Thomas Eakins melukis The Agnew Clinic yang melihatkan beberapa dokter yang berbeda.

Kali ini dengan mengenakan jas yang berwarna putih ketika melakukan pembedahan pada pasien lain. Walaupun jas putih dapat membantu dokter menonjolkan pada rumah sakit yang padat, namun jas putih juga diketahui memiliki dampak yang negatif untuk pasien.

Hal ini karena jas putih menggambarkan peningkatan dari tekanan darah yang dialami oleh sebagian orang ketika mereka masuk di ruang praktek dokter. Selain itu sebagian dokter khususnya dokter anak terkadang mengenakan jas putih supaya dapat membantu menenangkan para pasien mereka.

Itulah tadi pembahasan mengenai fakta unik seragam kerja dokter. Anda dapat memahami penjelasan diatas supaya Anda tidak penasaran dan tau tentang fakta unik seragam kerja dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *