Fakta Unik akar Bajakah Sebagai Obat Kanker

Penyakit kanker memang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang yang menderitanya. Hal ini dianggap wajar karena sudah beratus tahun sejak dikenal dunia medis, kanker seolah menjadi penyakit yang tidak memiliki penawarnya. Kalaupun bisa sembuh perlu melakukan rangkaian perawatan yang akan menguras banyak biaya. Namun kanker sekarang ini diklaim sudah memiliki penawarnya, obatnya pun sangat sederhana yakni dari akar pohon bajakah.

Berikut ini fakta unik akar bajakan sebagai obat kanker:

1. Bentuk pohon akar bajakah

Akar bajakah diketahui berbentuk batang pohon tunggal yang memiliki warna coklat dan merambat. Batang dari tanaman bajakan ini kuat dan lumayan besar. Pohon bajakah ini tumbuh dengan cara merambat ke pohon lain hingga ketinggian mencapai lebih dari 5 meter. Akar pohon bajakah berada pada aliran air lahan gambut.

2. Berasal dari hutan Kalimantan tengah

Akar pohon bajakah ini berasal dari Kalimantan dan hidup di tengah hutan. Yang satu ini hanya dapat tumbuh di tengah hutan rimbun dengan kondisi lembab dan tidak banyak terkena cahaya matahari. Akar bajakah berada di tengah hutan dan berjarak kurang lebih dua jam dari kota Palangkaraya.

3. Akar bajakah mengandung zat penyembuh kanker

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Mangkurat (FK ULM), Kepala Laboratorium Biokimia dan Molekul mengadakan penelitian Eko Suhartono. Mengadakan sebuah penelitian bahwa akar bajakah memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan sel kanker. Akar bajakan juga memiliki kandungan lain yaitu alkaloid, terpenoid, saponin, steroid, fenolik, flavonoid, dan tannin. Dan diketahui jumlah antioksidan dari akar ini juga cukup tinggi.

4. Cara mengolah dan mengkonsumsi akar bajakah untuk obat kanker

Untuk menjadikan obat, hanya menggunakan bagian akarnya saja, kemudian akan diproses untuk dijadikan ramuan obat. Berikut ini cara mengolah akar bajakah:

  1. Akar bajakah dikeringkan dibawah sinar matahari
  2. Potong-potong kecil akar bajakah ketika sudah mongering
  3. Haluskan dengan ditumbuk ataupun diblender
  4. Bubuk akar bajakah diseduh dengan takaran 1 gram dalam 500 milliliter air hangat
  5. Bisa juga direbut dengan air selama 30 menit kemudian minum setiap harinya secara rutin
  6. Air rebusan akan berwarna coklat seperti teh
  7. Ketika diminum, air bajakah terasa hambar

5. Akar bajakah terbukti menyembuhkan kanker payudara stadium empat

Manjurnya ramuan akar bajakan ini dalam menyembuhkan kanker yakni, dari pengalaman seorang ibu warga Dayak, yang mengalami kanker payudara stadium empat. Namun ibu tersebut menolak untuk melakukan tindakan operasi. Kemudian lebih memilih untuk meminum rebusan air dari akar bajakah yang dicarikan suaminya di hutan. Setelah meminum rebusan akar bajakah secara rutin, kemudian ibu tersebut sembuh dari kanker payudara secara total.

6. Anak SMAN 2 Palangkaraya menemukan ramuan akar bajakah

Masyarakat suku Dayak secara turun-temurun sudah menggunakan akar bajakah, dalam mengobati penyakit kanker dan tumor. SMAN 2 Palangkaraya melakukan ujicoba yang dilakukan oleh 3 siswa, dengan menggunakan 2 ekor tikus yang telah disuntik sel pertumbuhan tumor dan kanker. Hasilnya campuran dari air bajakah dapat menghilangkan sel tumor dan kanker pada tikus tersebut.

7. Akar bajakah dianggap tanaman mistis

Guru pembimbing SMAN 2 Palangkaraya, menegaskan tanaman khas Kalimantan tengah ini memang sudah digunakan secara turun-temurun oleh suku Dayak sebagai obat kanker. Namun selama ini belum pernah ada penelitian ilmiah pada tanaman bajakah tersebut. Penelitian baru pertama kali dilakukan oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya tersebut. Bahkan tanaman ini bagi masyarakat Kalimantan tengah dianggap sebagai tanaman yang memiliki hal berbau mistis.

8. Kekhawatiran ada eksploitasi untuk mendapatkan tanaman akar bajakah

Seiring dengan terkenalnya akar bajakah, yang dinilai ampuh dalam menyembuhkan penyakit kanker, dikhawatirkan adanya eksploitasi hutan. Dikhawatirkan banyak orang memburu tanaman ini dan melakukan perusakan pada hutan.

9. Harga akar bajakah mahal dan dijual di E-Commerce

Sangkin populernya akar ini, sudah banyak e-commerce yang ditemukan menjual akar bajakah ini. Harga yang ditawarkan bermacam-macam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per batang akar bajakah, atau yang sudah dikemas dalam potongan kecil. Salah satu e-commerce menjual akar ini senilai Rp250.000 dengan Panjang 20 cm dengan diameter 3 cm.

10. Jenis akar bajakah yang menjadi obat kanker masih rahasia.

Pohon akar bajakah memiliki banyak jenis, namun tidak diketahui persis jenis mana yang dapat mengobati penyakit kanker. Akar bajakah memiliki tiga jenis yaitu:

  • Bajakah lamei: batangnya menyimpan banyak air yang bisa diminum dan tumbuh di hutan tropis yang lembab. Cairan yang terkandung didalamnya dinilai dapat menyembuhkan diare.
  • Bajakah kalawit (uncaria gambir roxb): mengandung katekin yang tinggi, phenol dan antibacterial. Dinilai dapat mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen. Selain itu senyawa catechin, dipercaya dapat mencegah kerusakan kulit terhadap paparan sinar matahari.
  • Bajakah tampala (spatholobus littoralis hassk): akar ini memiliki kandungan senyawa tanin, fenolik, saponin, dan flavonoid. Yang kegunaannya dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan epitel baru.
  • Tanaman bajakah ini dikenal dapat menyembuhkan luka dan bermacam-macam penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *