Desain Seragam Kerja Keren Untuk Pekerja Tambang

Desain seragam kerja untuk pekerja tambang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan desain seragam kerja lapangan lainnya. Kebanyakan menggunakan desain kemeja lengan panjang dengan menggunakan aksesoris scotlight pada bagian dada atau lengan. Bahan yang digunakan untuk membuat seragam kerja tambang tentunya dengan menggunakan bahan yang berkualitas tinggi, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Desain yang dibuat juga harus senyaman mungkin supaya para pekerja bisa leluasa bergerak saat melakukan pekerjaan lapangan yang cukup berat.

Pertambangan bukanlah jenis pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mudah. Jenis pekerjaan ini umumnya memerlukan banyak energi dan usaha yang keras karena hampir semua pekerjaan dilakukan di lapangan. Oleh karena itu, hal ini yang menjadi perhitungan dalam membuat desain baju tambang. Jika seragam kerja yang dikenakan tidak mendukung jenis pekerjaan yang berat, dikhawatirkan hal ini nantinya bisa membuat kinerja yang tidak maksimal dari pekerja.

Desain Seragam Tambang Keren

Berikut ini desain seragam kerja tambang yang cukup banyak digunakan oleh beberapa perusahaan, diantaranya :

1. Kemeja Lengan Panjang Dengan Belahan Dada

Desain baju tambang ini cukup banyak digunakan oleh beberapa perusahaan tambang. Bahan yang digunakan untuk area bahu berbeda dengan jenis bahan yang digunakan pada bagian badan. Umumnya terdapat dua saku tempel di bagian depan sebelah kanan dan juga kiri. Pada bagian punggung, pergelangan tangan dan dada terdapat scotlite yang memiliki ukuran 1 inch.

Bordir logo perusahan dipasang pada bagian atas saku baik kanan maupun kiri, tentunya model logo yang dipasang tidaklah sama. Di bagian atas saku kiri dapat dipasangi bordir nama perusahaan dalam bentuk teks, sedangkan yang kanan dipasang logo perusahaan dengan bentuk gambar. Pada bagian lengan dipasang bordir logo safety, kamu juga bisa menambahkan bordir teks web perusahaan di bagian bawah kerah. Untuk sentuhan akhir kamu bisa memberikan belahan kecil pada bagian samping kemeja.

2. Kemeja dan Celana Berbahan Denim

Desain baju selanjutnya yang bisa menjadi alternatif pilihan yaitu kemeja dengan celana berbahan denim. Desain ini juga banyak dipilih oleh beberapa perusahaan tambang, karena berbahan denim yang tentunya kuat dan awet walaupun sudah lama digunakan. Desain yang bisa digunakan adalah kemeja denim dengan dua saku tempel di bagian kanan dan kiri, serta tambahan skoder, dan juga lipatan tengah pada bagian pundak.

Bahan denim yang biasanya digunakan untuk membuat seragam kerja secara garis besar, dan yang biasanya dipakai terdapat beberapa pilihan finishing washing, yaitu:

  • Washing garment
  • Washing biowash
  • Washing blue bleach

Pemilihan Bahan dan Warna Seragam Tambang

Setelah mengetahui desain seragam kerja tambang, hal selanjutnya yang perlu kamu tahu yaitu pemilihan bahan dan juga warna untuk seragamnya. Jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat seragam kerja adalah bahan drill, bahan ini dipilih karena tidak mudah robek, nyaman digunakan dan memiliki warna yang stabil. Seperti misalnya bahan :

  • Japan Drill : Jenis bahan ini dikenal lebih kuat karena memiliki serat yang besar. Karena persentase dari katunnya lebih banyak dari polyester, harga kain japan drill ini lumayan mahal.
  • American drill : Jenis kain drill ini memiliki ukuran serat yang masuk ke dalam kategori sedang. Bahannya yang halus dan mudah menyerap keringat membuatnya nyaman ketika digunakan.
  • Taipan drill : Jenis bahan drill satu ini merupakan perpaduan antara katun dan juga tetoron. Persentasenya adalah sebanyak 70% katun dan sisanya atau 30% untuk tetoron, bahan kain ini halus, tidak mudah kusut, dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Pada beberapa kebutuhan khusus seragam tambang biasanya juga menggunakan bahan-bahan yang anti api, bara, cairan kimia dan anti air. Karena selain desain, bahan dan juga materialnya pakaian yang digunakan juga menjadi fokus dalam pembuatan baju supaya tetap aman untuk para pekerja.

Untuk pemilihan warnanya sendiri, seragam tambang biasanya menggunakan warna-warna yang menyala seperti stabilo. Contoh pemilihan warna yang banyak digunakan untuk seragam tambang adalah merah, orange, kuning dan hijau terang. Untuk memenuhi kebutuhan visibility agar para pekerja terlihat di lapangan meski dari jarak yang jauh dan dapat ditambah dengan scotlite dan reflective.

Demikian pembahasan mengenai desain seragam kerja keren untuk pekerja tambang, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *