35+ Penyakit yang Disebabkan Oleh Bakteri dari yang Menular Hingga Tidak Menular

Pada situasi ini musim pancaroba dan mulai penerapan era new normal di tengah maraknya kasus pandemi COVID – 19, membuat Anda harus ekstra dalam menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Jangan sampai anda lalai atau lengah dalam penerapan dan menjaga agar tubuh anda tetap sehat, sehingga tubuh anda mudah terserang penyakit. Yang dimaksud adalah termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri .

Macam Penyakit yang Disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit dapat bersumber dan timbul dari mana saja, termasuk dari bakteri sekalipun. Bakteri dapat bersarang pada tubuh anda melalui beberapa cara. Seperti melalui makanan yang anda makan, minuman, berkontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi bakteri, serta kontak cairan orang yang terinfeksi bakteri.

Beberapa orang yang memiliki penyakit dikarenakan oleh bakteri, maka harus ditangani dengan cepat dan serius oleh ahli medis. Dilansir dari lifepack.id, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri:

1. Diare

Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Jika disebabkan oleh bakteri, maka jenis bakteri yang yang menyebabkan diare ini sendiri adalah Salmonella, Shigella, E. Coli atau Clostridium difficile.

Bakteri tersebut dapat mempengaruhi sistem pencernaan pada tubuh manusia. Gejala penyakit ini adalah ditandai dengan rasa nyeri pada bagian perut, feses encer, dan sering bolak – balik BAB.

Akibat yang disebabkan oleh penyakit ini adalah tubuh terasa lemas karena, tubuh mengeluarkan banyak cairan dan mengalami dehidrasi.

2. Kolera

Penyakit ini menyebabkan sang penderita tiba – tiba mengalami diare dan itu terjadi secara terus menerus, mual dan muntah, kram pada perut, dan mengalami dehidrasi. Bakteri yang menyebabkan infeksi yaitu bakteri Vibrio cholerae.

Bakteri ini menghasilkan atau memproduksi racun CTX, sehingga cairan pada tubuh sulit diserap dan akhirnya pengeluarannya dalam bentuk diare.

Penyebab terjadinya infeksi bakteri tersebut adalah dapat dikarenakan oleh makanan yang yang berasal dari laut atau seafood yang air lautnya sudah terkontaminasi, dan tidak dimasak dengan benar dan matang.

3. Disentri

Bakteri penyebab infeksi adalah bakteri Shigella. Bakteri ini menginfeksi usus manusia dan dapat menyebabkan diare yang disertai lendir dan darah. Gejala lain apabila terinfeksi bakteri ini adalah kram pada perut, mual dan muntah. Bakteri Shigella ini berasal dari makan – makanan yang kurang bersih.

4. Difteri

Bakteri penyebab infeksi pada penyakit ini adalah bakteri Corynebacterium diphtheria. Bakteri ini dapat menyerang selaput lendir pada tenggorokan, hidung, hingga kulit melalui hirupan udara.

Gejala yang muncul setelah terinfeksi adalah bermula dari pilek cair, menjadi kental, dan selanjutnya akan berdarah, suara menjadi serak, serta demam dan menggigil.

5. Tipes

Tanda apabila anda terserang penyakit tipes ini adalah demam tinggi hingga suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius, sembelit, atau diare. Bakteri penyebabnya adalah bakteri Salmonella typhi yang menyerang pada sistem pencernaan melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.

6. Tuberkulosis

Penyakit ini menyerang pada paru-paru manusia, tulang, ginjal, kulit, maupun otak manusia. Bakteri penyebab penyakit ini adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui percikan air liur yang terhirup dari sang penderita penyakit saat bicara, batuk, ataupun bersin. Lama pengobatan kurang lebih selama 6 bulan tanpa putus obat.

7. Kusta

Penyakit ini menginfeksi pada kulit, selaput lendir, mata, sistem saraf, maupun otot manusia. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri Mycobacterium leprae.

Penderita penyakit ini akan mengalami mati rasa, tidak dapat merasakan sakit, lumpuh pada bagian otot kaki dan tangan, bahkan bisa sampai kehilangan jari pada tangannya. Penyakit ini dapat menular melalui cairan hidung si penderita penyakit saat batuk ataupun bersin. Serta penyakit ini dapat ditularkan dari hewan armadillo dan simpanse.

8. Tetanus

Gejala dari penyakit ini adalah penderita akan mengalami kejang-kejang, kaku pada otot rahang, sulit saat menelan sesuatu, hingga rahang terkunci. Bakteri penyebab penyakit ini adalah bakteri Clostridium tetani.

Penyakit ini dapat menyerang pada luka di kulit, seperti terkena luka bakar, tertancap paku yang sudah berkarat, ataupun karena gigitan hewan. Untuk pencegahannya maka lakukan vaksinasi tetanus secara rutin.

9. Influenza

Influenza ini dikenal di masyarakat dengan sebutan flu, penyakit ini termasuk penyakit menular. Media penularan penyakit ini biasanya dengan menghirup dan berkontak langsung dengan si penderita penyakit ini.

10. Tuberkulosis (TBC)

Ini merupakan penyakit yang terjadi di saluran pernapasan dikarenakan infeksi bakteri. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri Basil. Bakteri ini biasanya menginfeksi pada bagian paru-paru. Gejala penyakit ini adalah batuk secara terus menerus.

11. Muntaber

Penyakit ini adalah penyakit pada usus yang meradang. Selain disebabkan oleh bakteri, penyebab penyakit ini juga disebabkan oleh racun pada makanan atau minuman. Bakteri penyebab penyakit ini adalah bakteri Escherichia coli.

12. Cacar Air

Penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya bintik berwarna merah pada kulit. Bentuk dari bintik ini bisa saja menggelembung, melepuh, dan terasa gatal. Gejala yang diberikan penyakit ini adalah naiknya suhu pada tubuh.

13. Campak

Penyakit ini termasuk penyakit menular. Gejala yang diberikan dari penyakit ini adalah dengan naiknya suhu tubuh, nyeri pada tenggorokan, batuk-batuk, nyeri pada otot, hingga timbul ruam pada kulit.

14. Pneumonia

Penyakit ini biasa disebut dengan radang paru-paru.selain disebabkan oleh bakteri penyakit ini juga dapat disebabkan oleh parasit lainnya. Gejala awal yang diberikan penyakit ini adalah suhu badan naik, batuk-batuk, dan sulit dalam bernafas.

15. Hepatitis

Penyakit ini adalah termasuk jenis penyakit yang menular yang menyerang organ manusia pada bagian hati. Penyebab penyakit ini sendiri adalah bakteri yang menginfeksi dan lingkungan yang tidak dirawat dengan bersih.

16. Penyakit PES

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi atau menyerang pada tikus dan hewan pengerat lainnya. Penyakit ini dapat ditularkan kepada manusia, jika manusia tersebut berkontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau menderita penyakit ini.

17. Polio

Penyakit polio menyerang pada organ tubuh manusia khususnya pada bagian otot dan syaraf. Setelah otot atau syaraf terserang penyakit ini maka otot akan mengalami kelemahan dan ini bersifat permanen. Akibatnya penderita akan beresiko lumpuh hingga kematian.

18. Ebola

Gejala yang diberikan penyakit ini adalah nyeri pada otot, muntah, terjadi peradangan hati, rusaknya organ ginjal, dan trombosit akan turun secara drastis. Sampai saat ini vaksin ebola ini belum ditemukan.

19. AIDS

Penyakit ini akan menyerang pada bagian sel darah putih yang ada di dalam tubuh manusia yang memiliki tugas menjaga daya tahan tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh si penderita ini akan mengalami penurunan, dan penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian.

20. DBD

Penyakit ini dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejala penyakit ini adalah demam tinggi pada tubuh, sendi terasa sakit, muncul bintik-bintik merah pada kulit, trombosit turun secara drastis, dan ada pula yang terjadi pendarahan.

21. Rabies

Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang pada sistem saraf pusat pada tubuh manusia ataupun hewan yang memiliki darah panas. Virus ini ditularkan kepada manusia melalui hewan seperti anjing, kucing, ataupun kera.

22. Panu

Penyakit panu ini sering dianggap remeh dan ringan pada sejumlah orang, akan tetapi panu termasuk penyakit yang menular. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bercak putih pada bagian kulit dan biasanya terasa gatal.

23. Malaria

Tak hanya disebabkan oleh bakteri, penyakit ini juga disebabkan oleh parasit. Parasite penyebab penyakit ini adalah parasite plasmodium. Parasite ini ditularkan melalui nyamuk. Gejalanya adalah dengan terjadinya perubahan suhu tubuh, menggigil, dengan disertai mual dan muntah.

24. Toksoplasmosis

Penyakit ini menyebabkan peradangan pada beberapa organ tubuh seperti pada kulit, jantung, paru-paru, kelenjar getah bening, hingga otak dan selaput otak. Penyakit ini biasanya ditularkan melalui hewan seperti, anjing, dan kucing.

25. Konjungtivitis

Penyakit ini menyebabkan mata menjadi kemerahan dikarenakan infeksi oleh bakteri. Penderita penyakit ini biasanya matanya menjadi bengkak, dan mengeluarkan kotoran mata secara berlebihan.

26. SARS

SARS ini adalah penyakit yang terjadi karena gangguan infeksi pada sistem pernapasan, sehingga penderitanya dapat berisiko penyebab kematian.

27. Rubella

Virus ini biasa menjangkit pada anak-anak dan remaja. Gejala dari penyakit ini adalah terjadinya demam, iritasi pada bagian mata, hidung tersumbat, mengalami mual dan muntah, serta munculnya ruam pada kulit sang penderita.

28. Flu Burung

Efek terkena penyakit ini adalah dapat menyebabkan kematian pada si penderitanya. Virus ini ditularkan melalui hewan unggas. Gejala penyakit ini adalah demam, jika sudah timbul gejalanya maka harus ditangani dengan sigap dan cepat oleh ahlinya.

29. Demam Chikungunya

Gejala penyakit ini adalah ditandai dengan demam pada tubuh, nyeri pada persendian, ruam pada kulit penderita, dan tubuh terasa lemas. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus famili togaviridae.

30. Leishmaniasis

Penyakit ini dapat mengganggu fungsi organ pada tubuh manusia, dan dapat menyebabkan luka pada kulit. Leishmaniasis ini dapat disebabkan karena gigitan lalat pasir.

31. Demam Kuning

Demam kuning ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini dapat merusak sistem pencernaan, saluran hati, jantung, dan ginjal. Gejala awal yang timbul adalah demam, mual dan muntah.

32. Roseola Infantum

Penyakit ini biasanya menyerang pada bayi dan anak-anak. Penyakit ini menyebabkan demam tinggi dan timbul ruam pada kulit bayi maupun anak-anak.

33. Anthrax

Ini termasuk jenis penyakit hewan yang dapat ditularkan pada manusia. Gejalanya adalah halusinasi, dan sistem pernapasan terganggu. Serta dapat menimbulkan bisul pada kulit.

34. Leptospirosis

Leptospirosis termasuk jenis penyakit menular yang dapat ditularkan hewan kepada manusia. Gejala awalnya yaitu demam, pusing, batuk, tenggorokan terasa sakit, dan nyeri sendi.

35. Cacingan

Gejala awal penyakit cacingan ini adalah sakit pada bagian perut, perut kembung, diare, kelelahan, dan berat badan turun secara drastis. Penyakit ini dapat menular dengan cara kontak langsung maupun tidak.

Dari artikel diatas, penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat disembuhkan dengan melakukan vaksin atau dengan antibiotic. Selanjutnya, anda dapat menyimpulkan bahwa pentingnya menjaga kebersihan mulai dari apa yang kita konsumsi, kebersihan tubuh, dan kebersihan lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *