Cara Menyembuhkan Gerd Secara Total

Gerd (Gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit gangguan pencernaan yang mempengaruhi kinerja otot antara kerongkongan dan perut. Penyakit gerd terjadi karena melemahnya sfingter atau katup yang terletak di kerongkongan bagian bawah.  Area tersebut disebut dengan sfingter esofagus. Gejala yang muncul jika memiliki penyakit gerd adalah perut akan terasa mulas atau terjadinya gangguan pencernaan.

Gerd umumnya adalah penyakit kambuhan, jadi apakah pengidap gerd bisa sembuh total?.  Sembuh total artinya memulihkan kondisi kesehatan seperti sedia kala. Pengobatan gerd dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit ataupun gejala, dan saat penyakit sembuh gejala tidak akan kembali.  Berikut beberapa cara menyembuhkan gerd secara total.

1. Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup yang sehat dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kerusakan pada lapisan esofagus akibat paparan asam lambung. Perubahan gaya hidup yang dianjurkan untuk mengobati gerd supaya gejala gerd tidak kambuh lagi diantaranya.

    • Menurunkan berat badan
    • Menghindari penggunaan korset perut yang terlalu ketat
    • Tidak merokok atau menghindari kawasan perokok
    • Tidur dengan bantal yang posisi kepala lebih tinggi dari badan

2. Mengonsumsi obat gerd

Untuk menentukan jenis obat apa yang paling cocok dan tepat untuk dikonsumsi, penderita gerd perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Berikut beberapa golongan obat-obatan yang dimanfaatkan untuk mengatasi gejala gerd.

Antasida yang berguna untuk mengurangi heartburn dan gejala gerd lainnya.

  • Golongan H2 blockers( ranitidine, famotidine, cimetidine) untuk menurunkan produksi asam lambung.
  • Golongan PPIs (Proton Pump Inhibitor), seperti omeprazole, rabeprazole, esomeprazole, lansoprazole, pantoprazole.
  • Golongan prokinetik, seperti metoclopramide dan bethanechol yang fungsinya untuk membantu mempercepat pengosongan lambung.

3. Operasi

Operasi fundoplikasi dilakukan dengan menjahit fundus. Fundus yaitu bagian ujung paling atas pada lambung yang melingkari esofagus, yang mempersempit dan menambahkan tekanan untuk mengurangi refluks.

Selain cara pengobatan tadi kamu juga bisa mencoba beberapa bahan alami ini dirumah untuk mengobati gerd yang gejalanya masih  ringan, yaitu

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang yang secara alami mampu mengatasi nyeri pada ulu hati. Selain itu jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti perut kembung dan mual. Untuk mengatasi gerd kamu bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

2. Akar manis

Akar manis atau dikenal juga dengan sebutan Licorice diketahui juga dapat meredakan gejala nyeri ulu hati atau heartburn akibat gerd. Ini karena kandungan zat yang terdapat dalam licorice bersifat anti radang  dan antioksidan sehingga bisa mengurangi peradangan , pembengkakan, dan kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

3. Akar marshmallow 

 

Akar marshmallow memiliki berbagai macam jenis zat yang bisa menyembuhkan luka pada lambung, meredakan batuk dan serta mengatasi infeksi bateri. Akar marshmallow juga bisa menjadi pelindung dinding lambung, sehingga tidak mudah luka saat terkena asam lambung.

4. Teh chamomile

Teh chamomile memang sudah sering digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, serta juga dipercaya dapat mengatasi masalah susah tidur. Ramuan herbal dari teh chamomile dapat menjadi cara alami dan efektif untuk mengurangi gejala gerd.

Meski bahan-bahan alami tadi dipercaya dapat mengatasi gejala gerd, tetapi efektivitas dan khasiat  ramuan herbal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Setelah mengubah gaya hidup yang lebih sehat serta melakukan pengobatan gerd, kondisi badan kamu mungkin akan berangsur membaik. Adapun beberapa tanda-tanda gerd yang sudah sembuh, yaitu:

1. Heartburn menghilang

Sebagai gejala utama gerd, heartburn tentunya sangat menyiksa. Namun, ketika kondisi tubuh sudah semakin membaik kamu tidak akan lagi merasakan rasa panas dan nyeri dada ini.

2. Menghilangnya rasa mual

Setelah sembuh dari gerd, rasa mual akan bias sepenuhnya hilang. Kondisi ini memungkinkan nutrisi bisa terserap tubuh dengan baik sehingga kamu pun akan merasa lebih bertenaga dari sebelumnya.

3. Mulut terasa normal

Jika kamu sudah sembuh dari gerd, mulut tak lagi terasa pahit. Kamupun bisa lebih menikmati rasa makanan dengan baik.

4. Perut terasa lebih nyaman

Tanda gerd sudah sembuh juga dapat dikenali dengan menghilangnya berbagai rasa yang tidak nyaman diperut. Saat menderita gerd kamu bisa mengalami perut kembung, tidak nyaman, dan nyeri di bagian atas. Kondisi perut akan kembali membaik, nyaman dan tidak lagi merasakan gangguan.

5. Tidak kesulitan menelan

Kerongkongan yang teriritasi gerd sering kali membuat kamu kesulitan menelan. Salah satu tanda gerd yang sudah sembuh  bisa kamu sadari dengan hilangnya masalah ini. Kamu bisa kembali menelan makanan seperti semula dan nafsu makan yang semula turun perlahan akan bertambah.

Sekian artikel mengenai cara menyembuhkan gerd secara total dan tanda tanda kesembuhan dari gerd semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *