Memahami Penyebab Kista Ovarium dan Cara Mencegahnya

Menjadi wanita yang sehat, merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh semua wanita. Menjaga kesehatan luar maupun dalam, wajib bagi kita untuk mencapai hal tersebut. Riset mengatakan, tak sedikit wanita yang terkena penyakit kista ovarium.

Kista Ovarium merupakan penyakit pada reproduksi wanita yang mana terjadinya penggumpalan cairan pada ovarium yang dibungkus oleh selaput yang terbentuk dari lapisan luar ovarium. Umumnya, penyakit ini terjadi pada masa reproduksi wanita.

Penyebab Kista Ovarium

Dilansir dari halodoc.com penyebab kista ovarium dapat terjadi karena hal-hal berikut:

1. Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Siklus haid/menstruasi yang tidak lancar, dapat memicu terjadinya penyakit kista ovarium. Penggumpalan darah menstruasi yang seharusnya dikeluarkan menjadi menumpuk di indung telur (ovarium). Hal ini bisa berakibat buruk pada alat reproduksi wanita. Jika Anda mengalami hal ini, maka segeralah periksa dan konsultasikan ke dokter.

2. Gangguan Hormon

Penyebab lain terjadinya penyakit kista ovarium yaitu gangguan pada hormon. Pastikan keep healthy dan terapkan gaya hidup sehat. Jika hormon tidak stabil, maka dengan mudah dapat menimbulkan penyakit tersebut.

3. Belum memiliki keturunan

Ternyata, belum memiliki keturunan bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit kista ovarium. Tetapi, jangan khawatir, pencegahan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan akan meminimalisir tubuh dari virus, parasit, bakteri, dan radikal bebas.

4. Haid Dini

Umumnya, menstruasi terjadi pada umur 9-15 tahun. Jika kurang dari itu, ternyata dapat menyebabkan dan meningkatkan risiko terserang kista, terutama pada alat reproduksi. Pencegahan terjadinya penyakit ini juga dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

5. Kolesterol

Selain dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, ternyata kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya kista pada ovarium. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi makanan yang memicu naiknya kolesterol dan selalu budayakan pola hidup sehat.

6. Stres

Penyebab kista ovarium kali ini, merupakan hal yang tidak asing dan sudah banyak kita jumpai. Terlalu banyak pikiran hingga menimbulkan stres ini sangat perlu dikontrol dan dikendalikan dengan baik. Selain dapat memicu terjadinya gangguan pada mental, ternyata stres juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kista ovarium.

Pencegahannya sangat mudah. Tenangkan pikiran, kendalikan hormon agar tetap stabil, melakukan hal yang disukai, tidak terlalu memusingkan masalah, dan juga terapkan pola hidup sehat.

7. Obat Subur

Kesuburan tubuh merupakan hal yang paling diidam-idamkan oleh semua pasangan. Jika salah satu dari pasangan tersebut ada yang mengalami masalah pada kesuburan dan dinyatakan tidak bisa memiliki keturunan, maka mereka rela melakukan apapun demi mewujudkannya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi obat subur. Namun, rutin mengkonsumsi obat subur ternyata tidak baik bagi tingkat kesuburan. Salah satunya bisa menimbulkan terjadinya penyakit kista pada ovarium.

Jika ingin mengonsumsi penyubur, maka lakukanlah secara alami dengan mengonsumsi bahan-bahan alam seperti kacang hijau.

8. Rokok

Di zaman sekarang, tak hanya pria saja yang mengonsumsi rokok. Tak sedikit para wanita juga turut mengonsumsinya. Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi rokok tidak baik untuk tubuh dan dapat menimbulkan penyakit yang mengerikan, salah satunya adalah kista ovarium.

Maka mulai sekarang, berhentilah mengonsumsi rokok, dan terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa ditimbulkan.

9. Minuman Beralkohol

Hal ini sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa minum minuman beralkohol bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan. Tak luput salah satunya juga dapat memicu terjadinya kista ovarium. Mulai sekarang, gantilah minuman beralkohol dengan minuman yang dapat membuat tubuh kita sehat, seperti susu, jus, dan air mineral.

10. Infeksi, Kuman, dan Bakteri

Infeksi yang terjadi pada alat reproduksi menjadi penyebab yang paling utama. Untuk mencegah dan menghindari terjadinya hal tersebut, maka rawat dan jaga kebersihan pada organ kewanitaan. Jika belum cukup, maka Anda perlu memeriksa dan mengkonsultasikan ke dokter.

Berikut, penulis sisipkan makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah terjadinya kista ovarium:

  • Daging merah
  • Gorengan
  • Pemanis buatan
  • Alkohol
  • Kafein
  • Makanan bertepung

Sekian artikel pembahasan penyebab kista ovarium, semoga bermanfaat, stay healthy!

Jika ada yang ingin dikonsultasikan, maka Anda bisa konsultasi secara online melalui website-website yang disediakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *