10 Jenis Vaksin Covid di Indonesia dan Di Luar Negeri

Akhir-akhir ini jumlah kasus terpaparnya Virus Covid-19 di Indonesia sangat tinggi. Pemerintah menganjurkan kita untuk tetap dirumah, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Namun, upaya pemerintah tersebut masih banyak yang melanggar dan kasus terpapar Covid-19 terus meningkat. Dengan seiring berjalannya waktu, pemerintah mengeluarkan vaksin Covid-19 untuk Indonesia sebagai upaya pencegahan terserangnya virus berbahaya ini.

Vaksin memiliki fungsi untuk menjaga imunitas tubuh kita agar kuat melindungi diri dari paparan virus Covid-19. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis vaksin yang dapat digunakan untuk masyarakat.

Mari pelajari dan ketahui beberapa jenis vaksin Covid-19 yang digunakan diberbagai negara ini.Dilansir dari orami.co.id. Simak penjelasan berikut:

Jenis Vaksin Covid yang Digunakan di Indonesia

Indonesia memiliki 7 jenis vaksin yang dapat digunakan untuk masyarakat agar menjaga imun tubuh mereka. Berikut adalah jenis vaksin Covid yang ada di Indonesia beserta penjelasannya:

Vaksin Pfizer – BioNTech

Vaksin ini sudah mengajukan untuk penggunaan darurat vaksin Covid-19. Jenis vaksin ini diproduksi di BPOM Amerika Serikat dan Eropa.

Vaksin jenis ini telah digunakan di Negara Eropa dan Australia. Vaksin ini akan mulai digunakan setelah persetujuan dari European Medicines Agency (EMA). Jenis vaksin ini di Indonesia digunakan untuk kalangan masyarakat yang menderita komorbid serta ibu yang sedang mengandung.

Vaksin Sinopharm

Vaksin ini dikeluarkan melalui BPOM Uni Emirates Arab, didistribusikan oleh PT Kimia Farma sebagai virus yang mematikan. Efikasi vaksin ini sendiri sebanyak 78% dan subjeknya yang menunjukkan 42.000 orang. Ini dinyatakan dengan hasil pengujian klinik fase tiga oleh UAE.

Vaksin Moderna

Vaksin jenis ini dinyatakan memiliki efektivitas 94,5%. Moderna ini sudah mengajukan izin penggunakan kepada regulator AS dan Eropa. Vaksin ini digunakan dan dioperasikan di Indonesia mulai dari bulan Agustus 2021 dan vaksin ini digunakan untuk ibu-ibu yang sedang mengandung.

Vaksin AstraZeneca

Keefektifan vaksin jenis ini menunjukkan angka 70 persen. Ini ditunjukkan setelah AstraZeneca dan Universitas Oxford melakukan uji coba. Vaksin ini dapat menjaga imun orang tua saat penguji cobaan pada 20 ribu relawan. Dengan penyuntikan vaksin, tubuh akan kuat dalam menangkal Covid Delta. Hal ini dinyatakan dalam hasil studi.

Vaksin Bio Farma

Produsen vaksin dalam negeri adalah Persero atau biasa disebut PT Bio Farma. Dua cara yang dilakukan pemerintah untuk mengadakan penyuntikan vaksin yang melibatkan BUMN yaitu yang pertama, kerjasama dengan luar negeri pemroduksi vaksin dilakukan oleh persero, yaitu negara Tiongkok, dan  Sinovac Biotech. Kedua, vaksin merah putih atau vaksin dalam negeri yang akan divaksinkan kepada masyarakat.

Vaksin Sinovac

Vaksin ini memiliki jenis vaksin inactivated vaccine. Singkatnya vaksin jenis inactivated vaccine merupakan vaksin yang menggunakan low version sebagai pancingan respons imun tubuh. Keperluan vaksin ini adalah dosis yang berkelanjutan untuk waktu ke waktu, agar imun tubuh yang sudah vaksin menggunakan vaksin ini dapat tetap terjaga. Uji coba vaksin jenis ini dilakukan kepada Negara Brazil, Indonesia, dan Bangladesh.

Vaksin Sputnik-V

Indonesia akan menambah jenis-jenis vaksin yang sudah ada sebelumnya. Vaksin ini hanya boleh digunakan oleh masyarakat usia 18 keatas. Efikasi vaksinnya sendiri mencapai angka 83 persen.

Itu dia penjelasan mengenai vaksin yang digunakan di Indonesia beserta penjelasannya. Sudah pahamkah setelah membaca artikel tersebut diatas?

Selanjutnya disini penulis akan menjelaskan jenis vaksin yang dipergunakan di Negara selain Indonesia, berikut jenis dan penjelasannya:

Jenis Vaksin Covid yang Digunakan di Negara Selain Indonesia

Jenis vaksin yang ada di Indonesia memang banyak, namun bagaimana dengan negara lain? Vaksin apa yang digunakan untuk menjaga diri dari imun agar tidak terpapar virus Covid-19? Dibawah ini adalah jenis dan penjelasannya:

Vaksin Johnson & Johnson

Vaksin ini dikatakan ampuh menangkal virus Covid varia Delta. Vaksin ini tidak digunakan di Indonesia. Vaksin ini dipergunakan untuk membantu pasien rawat inap dan membantu pengurangan angka kematian akibat virus Covid-19.

Vaksin CanSino

Vaksin ini ditemukan oleh para ahli dari Tiongkok. Vaksin ini akan dikirim ke Indonesia sebagai vaksin gotong royong dalam penyelesaian kasus Covid-19. Efikasi vaksin jenis ini mencapai angka 68,83 persen dan penyuntikan vaksin ini hanya dilakukan dalam satu kali suntikan.

Vaksin NovaVac

Efikasi varian vaksin kali ini adalah 90 persen. Vaksin ini digunakan dan disuntikkan kepada masyarakatnya yang sudah lanjut usia karena memiliki resiko terpapar sebanyak 91 persen.

Nah itulah beberapa jenis vaksin Covid yang ada di Indonesia dan di Negara lain. Bagaimana? Apakah sudah melakukan vaksinasi dalam upaya pencegahan Covid ini. Yuk lakukan vaksin dan tetap mematuhi protocol kesehatan ya. Salam sehat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *