Obat Cantengan Jempol Kaki Paling Ampuh

Cantengan merupakan kondisi saat kuku tumbuh kedalam kulit. Ini akan membuat jari kuku bau, tidak enak dipandang, dan terasa sangat menyakitkan. Bagaimana cara mengobatinya?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan cantengan diantaranya sepatu yang sempit, memotong kuku yang terlalu dalam dan lain sebagainya.

Obat Cantengan Jempol Kaki

Ini mungkin tidak akan berbahaya kecuali memiliki gangguan aliran darah dan diabetes. Namun, tetap saja ini menimbulkan rasa nyeri yang akan mengganggu anda, sehingga perlu diobati sesegera mungkin dan ini beberapa obat yang dapat mengobatinya berikut :

1. Salep 88

Salah satu obat luar yang mengandung Salicylic Acid, Benzoic acid, dan Sulfur praecipitatum yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh jamur adalah salep 88. Cantengan biasanya disebabkan oleh bakteri dan jamur maka salep 88 sangat direkomendasikan sekali.

Untuk penggunaannya cukup oleskan 3 kali sehari secukupnya pada bagian yang sakit dan gatal. Sebelum digunakan kulit yang sakit harus dibersihkan terlebih dahulu dan dibersihkan. Efek samping yang ditimbulkan yaitu iritasi pada pemakaian terus menerus, dermatitis, urtikaria.

2. Emtrix Gel

Merupakan cairan topikal bening(tanpa warna) yang tidak mengandung pengawet maupun pewangi yang dapat membantu dalam proses perawatan kuku yang rusak dan warnanya menjadi gelap, retak dan rapuh yang disebabkan oleh jamur dan bisa membantu memperbaiki tampilan kuku dan menjaganya agar tetap sehat. Kandungan emtrix gel berupa Propylene Glycol, Urea, Lactic Acid, Aqua, dan Sodium Hydroxide.

Penggunaannya cukup 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur dan pastikan semua permukaan kuku yang bermasalah terlapisi. Iritasi ringan mungkin terjadi pada kulit sekitar kuku, perubahan warna pada kuku atau Lepasnya kuku dari bantalan kuku juga dapat terjadi karena efek samping.

3. Salep Garamycin

Salah satu jenis salep antibiotik yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri seperti cantengan yaitu garamycin. Yang masuk golongan antibiotik aminoglikosida yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan mencegah penyebaran bakteri agar tidak meluas ke bagian tubuh lainnya.

Dosisnya cukup 3-4 kali sekali sehari dengan mengoleskannya tipis-tipis pada area infeksi. Efek samping mual muntah, tidak enak badan, tidak nafsu makan, sakit kepala, sakit perut, nyeri sendi, kram sendi, lemas lesu, gangguan penglihatan, tremor, ruam atau gatal pada kulit.

4. Salep 2-4

Salep kulit yang mengandung kombinasi Acidum salycylicum 2%, sulfur praecipitate 4% yang fungsi utamanya yaitu membunuh bakteri penyebab cantengan dan berbagai masalah kulit lainnya. Penggunaan salep 2-4 cukup oleskan saja pada bagian kulit yang sakit sesuai kebutuhan. Untuk efek samping nya rasa terbakar pada kulit, kulit kemerahan, dan pengelupasan kulit.

5. Salep Sagestam

Digunakan untuk mengobati penyakit kulit akibat infeksi oleh bakteri yang peka yang mengandung gentamicin yang termasuk golongan antibiotik aminoglikosida. Untuk penggunaan nya harus sesuai dengan anjuran dokter dan oleskan secara merata 3-4 kali sehari. Efek samping penggunaan salep sagestam berupa Iritasi kulit dan fotosensitisasi. Hati-hati penggunaan pada wanita hamil dan menyusui.

Itulah beberapa merk obat cantengan paling ampuh yang bisa kalian temukan di apotek terdekat. Selain menggunakan salep yang tepat, kamu juga perlu menghindari faktor penyebab cantengan dan selalu menjaga kebersihan kuku agar terbebas dari jamur dan bakteri.

Pengobatan cantengan juga bisa dilakukan dengan memberikan obat anti peradangan, antibiotik topikal, atau rekomendasi obat dari dokter spesialis. Sekian sekilas mengenai obat cantengan jempol kaki. Terimakasih ,semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *