Obat Tremenza

Obat Tremenza: Ini Penjelasan Manfaat, Harga, dan Efek Sampingnya

Apakah Anda pernah terkena flu, pilek, hidung tersumbat dan berair? Tepat sekali, gangguan kesehatan tersebut mungkin sering kita alami. Dalam kondisi tertentu flu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sangat berdampak pada kondisi tubuh kita. Salah satu obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan kesehatan ini adalah obat tremenza.

Tremenza memiliki manfaat yang efektif untuk mengobati gejala-gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh flu. Lalu sebenarnya tremenza obat apa? Berikut ini penjelasan tentang obat tremenza mulai dari manfaat, harga, dan efek samping penggunaanya:

Mengenal Apa itu Obat Tremenza?

Obat tremenza adalah salah satu bentuk obat yang digunakan untuk menyembuhkan segala gejala flu dan pilek. Mulai dari hidung tersebut, berair, hingga bersin-bersin yang diakibatkan karena alergi rhinitis maupun infeksi. Obat flu ini diproduksi oleh PT. Sanbe Farma yang dalam penggunaannya memerlukan resep dokter sehingga tidak bisa dikonsumsi dengan dosis sembarangan.

Obat tremenza dapat Anda konsumsi dalam bentuk tablet 60 mg dengan harga mulai Rp 180.000-an dan tremenza bentuk sirup 60 mL dengan harga mulai Rp 40.000-an. Tremenza adalah obat yang termasuk dalam golongan yang mengandunga kombinasi bahan aktif Pseudoephedrine dan Triprolidine. Kandungan aktif itulah yang membuat manfaat obat tremenza sangat ampuh menyembuhkan flu.

Mengkonsumsi obat ini harus sesuai dengan resep dokter yang biasanya diminum 4-6 jam setelah makan atau tanpa makanan. Dosis yang bisa dikonsumsi juga berdasarkan kondisi kesehatan, respon tubuh, dan usia. Jadi jangan meningkatkan konsumsi dosis obat tremenza lebih sering atau banyak dari yang sudah dianjurkan dokter.

Manfaat Obat Tremenza

Kandungan Pseudoephedrine dalam obat ini bermanfaat sebagai dekongestan atau sederhananya membuat blender menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dari hidung. Selanjutnya kandungan triprolidine pada tremenza berfungsi sebagai antihistamin yang bermanfaat untuk menghambat zat alergi semakin parah menyerang tubuh.

Efek Samping Obat Tremenza

Dalam penggunaannya, obat tremenza dapat menimbulkan efek samping reaksi alergi, yakni sulit bernafas, gatal-gatal, bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, bibi, lidah, dan tenggorokan. Selain reaksi alergi, efek samping obat tremenza juga dapat berdampak serius atau ringan. Anda perlu menghubungi dokter jika mengalami efek samping obat tremenza yang serius seperti berikut ini:

  • Detang jantung menjadi cepat
  • Suasana hati atau mood menjadi berubah
  • Mengalami tremor dan kejang yang parah
  • Mudah memar atau berdarah
  • Buang air kecil sangat sedikit
  • Mengalami sesak nafas
  • Mengalami gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala yang sangat parah, penglihatan menjadi sangat kabur, telinga terasa berdengung, merasa gelisah, dada terasa sakit, detak jantung tidak merata, dan kejang-kejang

Anda juga dimungkinkan mengalami efek samping tremenza yang ringan seperti pusing, mengantuk, sembelit, penglihatan sedikit kabur, merasa gugup, dan mulut hidung tenggorokan terasa kering.

Apakah tremenza aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Keefektifan untuk mengobati flu apakah kemudian obat tremenza ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Sebenarnya belum ada penelitian resmi yang menyatakan bahwa obat tremenza aman untuk ibu hamil dan menyusui. Namun situs Drug.com menyatakan bahwa obat tremenza belum pernah menunjukan adanya pengaruh langsung dan tidak langsung pada ibu dan bayi yang dikandung nya.

Namun studi pengaruh obat tremenza terhadap binatang juga belum banyak dilakukan sehingga belum teruji secara klinis keamanannya. Pada beberapa kasus obat yang mengandung pseudoephedrine dan triprolidine bwerpotensi besar keluar dari tubuh lewat ASI. Obat antihistamin dan dekongestan juga berpotensi besar untuk produksi ASI menjadi lambat.

Jadi alangkah baiknya bagi ibu hamil dan ibu menyusui lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat tremenza. Hal ini dapat mempertimbangkan kondisi bayi dan tubuh Anda apakah aman jika mengkonsumsi obat tersebut. Nanti sang dokter akan memberikan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah penjelasan tentang obat tremenza mulai dari harga, manfaat, dan efek samping jika mengkonsumsinya. Sebelum mengkonsumsi obat ini Anda perlu memperhatikan label kemasan dengan seksama untuk dosis yang bisa dikonsumsi. Jadi ikuti sesuai anjuran dokter untuk mengkonsumsi obat tremenza agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *