obat demacolin

Obat Demacolin : Kandungan, Manfaat dan Harga Demacolin

Obat Demacolin adalah salah satu obat yang memiliki kandungan dengan kombinasi paracetamol, pseudoephedrine HCl, kafein, dan juga chlorpheniramine. Obat tersebut mempunyai fungsi sesuai dengan kandungan aktif yang ada di dalamnya.

Apa Itu Obat Demacolin

Demacolin merupakan obat yang biasanya digunakan untuk mengobati flu, demam, mata berair, hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan alergi. Obat ini bisa Anda temukan di di apotek terdekat. Anda bisa memilih obat tersebut dalam bentuk tablet ataupun sirup. Demacolin adalah salah satu obat yang bebas dikonsumsi tanpa harus pakai resep dari dokter.

Merek Dan Harga Obat Demacolin

Berikut ini adalah beberapa bentuk atau merk obat demacolin serta harganya. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat ya.

1. Demacolin Tablet

Obat demacolin dalam bentuk tablet umumnya mengandung 500 mg paracetamol, 7,5 mg pseudoephedrine, dan 2 mg klorfeniramin maleate. Obat ini biasanya dijual dengan harga Rp. 6.311/strip.

2. Demacolin Syrup

Sedangkan tipe obat yang syrup umumnya mengandung 120 mg paracetamol, 7,5 mg pseudoefedrin, dan 1 mg CTM. Obat ini biasanya dijual dengan harga Rp. 19.777/botol.

Manfaat dan Efek Samping Obat Demacolin

1. Fungsi dan Manfaat

Obat Demacolin mempunyai fungsi sebagai analgesik dan juga antiseptik. Selain itu, obat ini juga mempunyai mekanisme kerja untuk mengeringkan lendir. Sehingga bisa digunakan untuk mengatasi gejala sekresi yang terlalu berlebihan atau hipersekresi. Kondisi tersebut seperti mata dan hidung yang mengeluarkan air secara terus menerus dan juga terasa gatal.

Demacolin biasanya diberikan pada seseorang yang mengalami beberapa masalah kesehatan berikut ini dalam satu waktu.

a. Hidung Tersumbat atau Flu

Demacolin bisa Anda berikan sebagai obat meredakan flu dan juga hidung tersumbat. Obat tersebut akan bekerja dengan cara mempersempit pembuluh darah yang ada di hidung. Dengan begitu, obat ini bisa bekerja untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Kandungan CTM pada obat ini juga berguna untuk mengurangi dan mengobati peradangan pada selaput sinus. Sehingga bisa menekan alergi yang mungkin akan terjadi.

b. Demam dan Nyeri

Biasanya obat ini bisa diberikan untuk menurunkan suhu pada anak-anak atau bahkan orang dewasa ketika mereka sedang demam. Hal tersebut bisa terjadi karena obat ini mengandung paracetamol. Dimana kandungan tersebut mempunyai fungsi sebagai penurun demam. Obat demacolin akan bekerja dengan cara meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Jadi tubuh bisa mengeluarkan banyak keringat dan juga panas.

Kemudian, paracetamol juga mempunyai fungsi sebagai penghilang nyeri. Oleh karena itu, obat ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi, sakit kepala, dan gejala nyeri lain. Walaupun sebenarnya obat ini hanya berfungsi untuk meredakan nyeri ringan.

c. Bersin-bersin

Hidung yang gatal seringkali menimbulkan bersin-bersin yang terus menerus. Kondisi ini akan terjadi ketika tubuh berusaha untuk menghilangkan zat iritan yang ada di hidung. Terkadang, bersin-bersin terjadi karena terdapat zat alergen yang ingin masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh akan merespon dengan cara bersin-bersin atau hidung gatal.

d. Alergi

Obat demacolin dapat diberikan kepada seseorang yang mengalami alergi yang disebabkan oleh zat alergen. Mulai dari serbuk kimia, makanan, dan lainnya. Alergi tersebut bisa jadi berbentuk gatal-gatal, kemerahan, atau gejala lainnya yang mungkin saja muncul. Di beberapa kondisi, Anda mungkin saja akan mengalami demam.

2. Efek Samping Obat Demacolin

Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang mungkin saja akan terjadi jika Anda mengonsumsi obat ini:

  • Asam Lambung
  • Keguguran
  • Penyumbatan Pembuluh Darah
  • Sakit Perut
  • Napas Sesak
  • Mudah Mengantuk

Efek samping yang sudah disebutkan di atas bisa saja tidak lengkap. Ada beberapa efek samping yang lebih serius yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit atau alergi obat, maka disarankan untuk menggunakan resep dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Apakah Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Sampai sekarang ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa obat ini bisa membahayakan ibu hamil atau menyusui. Untuk ibu menyusui, obat ini dianggap masih aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan apabila obat ini ada di dalam ASI, maka dapat terkonsumsi oleh bayi. Oleh karena itu, konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan obat yang satu ini.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai obat demacolin dan beberapa manfaat serta efek sampingnya. Semoga bermanfaat ya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *