Mengenal Tiup Rahim, Efektifitas dan Biayanya

Bagi pasangan yang sudah menikah, keberadaan anak adalah sebuah anugerah. Maka dari itu, jika sudah menikah dalam waktu lama namun belum dikaruniai anak, beberapa cara medis pun akan ditempuh. Ada banyak faktor yang bisa membuat perempuan belum bisa hamil setelah menikah. Nah, salah satu cara yang bisa mempercepat dan memperbesar peluang kehamilan adalah tiup rahim. Tiup rahim ini dilakukan dengan cara memasukkan sebuah cairan ke dalam tuba falopi. 

Salah satu faktor yang membuat perempuan tidak kunjung hamil adalah kesuburan. Tiup rahim biasanya akan dilakukan kepada mereka yang tuba falopinya tersumbat separuh. Sehingga dengan tiup rahim diharapkan sumbatan yang ada tersebut dapat dibuka.

Dalam prosedurnya, akan ada cairan yang dimasukkan melalui leher rahim setelah tuba falopi terbuka, yang biasa disebut hidrotubasi. Adapun lama waktu melakukan tiup rahim ini kurang lebih berlangsung kurang dari satu jam. Dan setelah itu, Anda bisa langsung pulang, tidak perlu menginap atau opname di rumah sakit. 

Efektifitas dan Kondisi yang Membutuhkan Tiup Rahim

Tiup rahim atau prosedur hidrotubasi ini memang bisa dilakukan pada perempuan yang tuba falopinya tersumbat. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 257 perempuan, sebanyak 109 kehamilan berhasil dan sukses dilakukan. Maka dari itu, cara ini bisa menjadi salah satu solusi bagi mereka yang mengalami masalah kesuburan.  Adapun kondisi tertutup atau tersumbatnya tuba falopi bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Pecah usus buntu
  • Pernah mengalami penyakit menular seks seperti klamidia atau gonore
  • Pernah bedah perut
  • pernah infeksi panggul
  • Adanya penumpukan cairan dan pembengkakan di ujung tuba falopi

Kondisi-kondisi di atas bisa menjadi salah satu penyebab tersumbatnya tuba falopi. Apabila hal tersebut terjadi, Anda mungkin akan sulit untuk mendapatkan keturunan, sehingga perlu segera mendapat penanganan jika ingin segera hamil. Berdasarkan penelitian, metode tiup rahim ini cukup efektif untuk memperbesar peluang kehamilan dibanding dengan perempuan yang tidak menjalani prosedur ini. 

Ada banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa tiup rahim ini cukup efektif untuk mempercepat kehamilan. Bahkan ada pula penelitian yang mengkaji cairan pada proses hidrotubasi. Penelitian tersebut dilakukan oleh Human Reproduction Open. Hasilnya, cairan berbasis minyak juga berhasil mempercepat kehamilan. Bahkan, beberapa juga melahirkan bayi yang lebih banyak dibanding mereka yang menggunakan cairan berbasis air.  

Meski begitu, keberhasilan ini juga bergantung dengan banyak hal. Adapun beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan adalah usia, kesehatan sperma pasangan, dan keparahan sumbatan pada tuba falopi. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk memperbesar peluang yaitu dengan melakukan prosedur bedah, seperti membuka tuba falopi dari dalam,  mengangkat jaringan perut, dan juga membuka saluran baru di luar tuba falopi. 

Biaya Tiup Rahim

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kesuburan dan mempercepat kehamilan. Setiap cara juga tentunya membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Hal tersebut juga berlaku untuk biaya tiup rahim. Biaya hidrotubasi berada pada kisaran 2-4 juta rupiah. Bergantung dengan pelayanan yang diperlukan dan juga tempat Anda melakukan tiup rahim.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tiup rahim. Apabila Anda mengalami masalah kesuburan, maka ada baiknya Anda segera mengkonsultasikan masalah tersebut ke dokter. Dengan begitu, masalah yang ada bisa segera diketahui, dan dokter pun dapat segera melakukan tindakan yang tepat untuk membantu Anda mempercepat kehamilan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *