LAPORAN BULANAN
Laporan Bulan November 2009
Mempersiapkan tenaga yang handal dalam mengelola program penanggulangan HIV dan AIDS merupakah salah satu hal yang sangat penting guna menjaga kesinambungan program. Untuk itu, KPA Nasional bekerja sama dengan KIT Amterdam pada bulan ini mempersiapkan 20 orang master trainer untuk dilatih di Belanda. Pada bulan ini juga ditandai dengan beberapa kegiatan dalam rangka menyongsong Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember. Salah satu bentuk kegiatannya adalah penyelenggaraan pekan kondom dan pelatihan kondom. Kedua kegiatan ini sangat potensial untuk mencegah penularan HIV melalui transmisi seksual. Apalagi epidemi sekarang ini sudah berubah, dari sebelumnya didominasi oleh pertukaran alat suntik yang tidak steril ke arah hubungan seks berisiko. Selain itu pada bulan November ini juga diisi dengan sejumlah kegiatan supervisi yang dilakukan antara staf KPA Nasional, Sektor Pemerintahan, dan Jaringan Populasi Kunci. Kegiatan yang rutin setiap tahunnya dilakukan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja KPA di daerah. Dengan adanya supervisi ini dimungkinkan bagi pengelola Program di daerah dapat berkomunikasi langsung dengan Sektor Pusat dan Jaringan Populasi Kunci guna dapat meningkatkan upaya-upaya pencegahan secara efektif.
Download : Regional Overview South and West Asia
Laporan Bulan Oktober 2009
Rancangan Undang-Undang Narkotika yang disahkan oleh DPR pada bulan Oktober ini, menyita perhatian dari kita semua, terutama para penggiat HIV/AIDS. Karena hal ini berkaitan dengan beberapa pasal yang secara langsung berhubungan dengan upaya penanggulangan HIV dan AIDS. KPA Nasional menyikapi hal ini dengan melakukan telaah terhadap undang-undang tersebut. Kegiatan lain yang cukup penting terjadi pada bulan Oktober ini adalah penyusunan Strategi dan Rencana Aksi Nasional 2010 - 2014. Kegiatan yang sudah diawali pada pertengahan tahun 2009, pada bulan Oktober ini memasuki tahap Pengembangan Rencana Operasional Sektor. Momen pengembangan Strategi dan Rencana Aksi ini sangat penting mengingat dokumen ini akan menjadi acuan bagi pengembangan program kegiatan dalam 5 tahun ke depan. Terkait dengan pelantikan kabinet baru RI, Tim Pelaksana bulan ini menyiapkan serangkaian rencana untuk melakukan briefing upaya penanggulangan AIDS secara khusus kepada jajaran kabinet baru. Melalui Dana APBN, berbagai kegiatan untuk peningkatan kapasitas pengelola program di daerah dilakukan untuk bidang monev dan keuangan. Dengan peningkatan kapasitas yang berkesinambungan diharapkan KPA di daerah mampu mengelola program dengan lebih baik.
Download : 0
Laporan Bulan September 2009
Bulan September ini, walaupun secara efektif hari kerja relatif lebih singkat, karena dua minggu di akhir bulan ini diisi oleh lebaran dan cuti bersama. Beberapa kegiatan sekretariat KPA Nasional dilakukan hanya pada awal bulan September atau ditunda pelaksanaanya hingga bulan Oktober 2009. Namun waktu yang pendek ini masih dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang cukup penting. salah satu kegiatan tersebut adalah penulisan Strategi dan Rencana Aksi Nasional 2010 - 2014, dimana pada bulan ini sudah memasuki tahap draft final. Targetnya draft final ini sudah diserahkan kepada Menko Kesra pada akhir bulan September 2009. Walaupun kegiatan Hari AIDS Sedunia jatuh pada 1 Desember, namun persiapan untuk menyongsong hari yang sangat berarti bagi orang-orang yang berkecimpung dalam HIV dan AIDS ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Salah satunya adalah pada bulan September ini adalah Pembentukan Panitia Hari AIDS sedunia. Telah ditetapkan bahwa sebagai leading sector untuk kegiatan tahun ini adalah IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia). Ini baru pertama kalinya masyarakat sipil diberi kepercayaan untuk memimpin mengkoordinasi kegiatan ini.
Download : Laporan Bulan Desember 2010