Layanan Informasi Publik

Dalam rangka mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih sebagai cerminan demokrasi di Indonesia, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional mendukung Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sejalan dengan UU yang telah ditetapkan tersebut, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional sebagai Badan Publik berkomitmen untuk dapat berupaya semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang menjadi hak masyarakat luas. 

Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Informasi Publik wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, serta merta dan tersedia setiap saat.

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional menyediakan Layanan Informasi Publik Online yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu sarana untuk dapat mengakses informasi publik disamping ketersediaan informasi yang sudah dapat diakses secara langsung melalui website resmi www.aidsindonesia.or.id.

Pelayanan informasi publik di lingkungan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional diselenggarakan dengan mengedepankan asas Keterbukaan Informasi Publik, bahwa:

  1. Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik.
  2. Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas.
  3. Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.
  4. Informasi Publik yang dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang, kepatutan, dan kepentingan umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi diberikan kepada masyarakat serta setelah dipertimbangkan dengan saksama bahwa menutup Informasi Publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukanya atau sebaliknya.

 


KLIPING BERITA HIV & AIDS
NASIONAL
INTERNASIONAL