Target Cakupan

Berdasarkan arah kebijakan nasional, tujuan dan sasaran, diharapkan pada akhir tahun 2014 cakupan program sudah mencapai sesedikitnya 80% populasi kunci. Untuk mencapai sasaran universal access pada tahun 2014 tersebut, maka sasaran-sasaran tahunan ditetapkan agar populasi kunci dan orang yang terinfeksi HIV dapat mengakses layanan layanan pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan yang diperlukan.

 

Bagi WBP dan Penasun sasaran universal access diharapkan dapat dicapai pada tahun 2011, bagi WPS pada 2012, bagi LSL dan Pelanggan pada tahun 2014. Dengan demikian, diharapkan pada tahun 2014 perilaku aman sudah dijalankan oleh sesedikitnya 60% populasi kunci, dan perilaku tersebut tetap dipertahankan seterusnya. Perilaku aman populasi kunci, baik mengenai perilaku pencegahan maupun pengobatan, merupakan satu wujud penting efektifitas program.

 

Diharapkan pada akhir tahun 2014, sesedikitnya 60% populasi kunci yang berperilaku seksual berisiko sudah menggunakan kondom secara konsisten, 60% Penasun sudah tidak bertukar alat suntik secara konsisten, 60% ODHA yang membutuhkan sudah menggunakan ARV secara berkesinambungan. Diharapkan pada akhir tahun 2014, kebutuhan pendanaan program HIV dan AIDS sudah terpenuhi dan 70% bersumber dari dalam negeri. Ketersediaan dana program merupakan salah satu indikator yang penting untuk menunjukkan adanya keberlangsungan program.

BERITA KPA NASIONAL